Manado,18/11 (Antara) - Wakil Ketua DPRD Manado, Richard Sualang, minta pemerintah kota menganggarkan dana pembebasan lahan untuk pembangunan jalan lingkar Manado atau "ringroad" tiga pada APBD 2018.
"Sebagai wakil rakyat, secara resmi atas nama lembaga politik ini, saya mengusulkan pemerintah menganggarkan dana sebesar Rp20 miliar untuk pembebasan lahan, agar ringroad tiga bisa segera dibangun," kata Sualang, di Manado.
Dia mengatakan, pembangunan ring road tiga harus segera dimulai 2018 nanti, supaya bisa menjadi salah satu solusi atau jalan keluar bagi kemacetan yang selalu menjadi masalah pelik selama ini.
Sualang mengatakan, sesuai rencana jangka panjang pemerintah, ring road tiga akan dibangun membentang dari Winangun hingga Malalayang, yang juga akan melalui wilayah kabupaten Minahasa, sehingga pembebasan lahan akan menjadi tanggungjawab kedua daerah.
"Aturannya pembangunan oleh balai jalan, tetapi pembebasan lahan menjadi tanggungjawab kabupaten dan kota yang dilalui, maka dananya harus berasal dari Manado dan Minahasa, sebagai pemilik lahan," katanya.
Sekretaris Daerah Kota Manado, Rum Usulu, sebagai ketua tim anggaran pemerintah daerah, menerima permintaan wakil ketua DPRD atas nama rakyat tersebut.
Karena itu dia mengatakan, pemerintah sudah menganggarkan pembebasan lahan untuk ring road tiga yang akan berlokasi di Winangun sampai Malalayang, sesuai dengan rencana pemerintah.
"Tetapi kami belum bisa langsung memenuhi sebesar Rp20 miliar, karena masih banyak juga program pemerintah lainnya yang harus dilaksanakan pada tahun depan dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit," katanya.
Namun dia menegaskan, anggaran untuk pembebasan lahan sudah dimasukan dalam APBD 2018, sebab pemerintah juga sudah memikirkan untuk segera membangun riang road tiga sebagai salah satu solusi masalahn kemacetan di Manado. ***3***
(T.KR-JHB/B/G004/G004) 18-11-2017 20:16:36

Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024