Manado, (Antarasulut) - Komisi B DPRD Manado bersama Badan Pengelola Keuangan dan Barang Milik Daerah (BPK-BMD) setempat dan PT Bank Sulutgo (BSG), membahas penyertaan modal daerah ke bank daerah tersebut.
"Kami ingin tahu sudah berapa besar share saham Kota Manado, di BSG, serta bagaimana kemungkinan penambahan dana penyertaan modal ke bank daerah tersebut," kata Ketua Komisi B DPRD Manado, Revani Parasan, saat rapat dengar pendapatan dengan pemerintah bersama Direktur Utama PT BSG di Manado, Senin.
Parasan juga mempertanyakan, siapa saja pemilik saham di BSG, apakah selain PT Mega Coorpora, masih ada lagi pihak swasta yang ikut menanamkan modal di situ, apakah memang dibolehkan aturan atau tidak.
Sedangkan legislator Lily Walandha, mempertanyakan apa latarbelakang, yang mendorong PT Mega Coorpora menanamkan saham di BSG, sedangkan perusahaan tersebut sudah memiliki bank sendiri.
Secara umum, Komisi B minta Dirut BSG memberikan penjelasan secara mendetail bagaimana proses dan berapa besaran dana penyertaan modal yang dimiliki perusahaan tersebut, dalam bentuk share saham.
Direktur Utama BSG, Jefrey Dendeng, mengatakan, pemegang saham terbesar di bank daerah tersebut adalah PT Mega Coorpora, dengan jumlah saham 24,9 persen dari modal sebesar Ro203 miliar sampai 2017.
"Artinya setiap kali rapat pemegang saham dan pembagian deviden, maka perusahaan tersebut, akan mendapatkan bagian keuntungannya sebesar 24,9 persen, dari total keuntungan," katanya.
Dia mengatakan tidak tahu pasti alasan, perusahaan swasta tersebut menanamkan modalnya di BSG, tetapi aturan memang membolehkan, tetapi harus mengikuti hasil RUPS yang digelar setiap tahun, namun tidak ada lagi swasta yang menanamkan modalnya, sebab sudah dibatasi sehingga tak ada lagi yang bisa.
Tetapi Dendeng mengatakan, memang mengenai penambahan modal dalam dua tahun terakhir, Kota Manado tidak lagi menambah modal ke BSG, jika mau menunggu hasil keputusan RUPS.
Namun secara umum, dia mengatakan, Kota Manado, berada di urutan kesembilan, dalam daftar pemegang saham di PT BSG dengan modal yang disetorkan sebesar Rp20,03 miliar dan share saham 2,4 persen, sampai 2017. ***3***

(T.KR-JHB/B/G004/G004) 30-10-2017 22:53:17

Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024