Minahasa Utara, 15/6 (Antara Sulut) - Direktorat Jenderal (Dirjen) Imigrasi Ronny Sompie isyaratkan tidak ada orang asing Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) berada di wilayah Sulawesi Utara.
"Hingga saat pihak imigrasi tidak menemukan adanya orang asing dari aliran ISIS berada di Sulut," ujar Sompie saat mengunjungi Minahasa Utara sekaligus bernostalgia dengan sahabat lamanya yang tak lain Bupati Vonnie A Panambunan, Kamis.
Sompie mengatakan, meski demikian pihaknya tidak akan terlena dan akan bekerja maksimal untuk mengawasi orang asing yang masuk di Indonesia, terlebih masuk di wilayah Sulawesi Utara, terutama Minahasa Utara.
"Kami akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait demi menjaga keutuhan negara dari ancama pihak luar salah satunya ISIS," ujar Sompie.
Jadi kata Sompie, kedatangannya selain bernostalgia dengan Bupati Minahasa Utara juga ada undangan dari Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT), kaitannya dengan sistem penjegahan terhadap ISIS.
"Untuk itulah perlu ada sinergritas dari berbagai elemen baik TNI, Kepolisian, perhatian pemerintah juga masyarakat terhadap antisipasi masuknya ISIS," ujarnya.
Dirjen yang didampingi bagian hukum dan ham akan berupapaya dalam bentuk pengawasan berupa dokumen orang asing yang masuk Indonesia juga orang Indonesia yang keluar. Juga memeriksa izin tinggal bagi orang asing dan lain sebagainya.
"Sama-sama kita berdoa dan berupaya agar tidak terjadi potensi gangguan keamanan serta ketentraman masyarakat, mulai dari pintu gerbang baik lewat sangihe talaud juga Bitung dan Minahasa Utara. Bisa saja mereka masuk lewat Kalimantan ataupun ternate. Intinya kerjasama sinergi untuk bagaimana kekuatan ini digelorakan tujuannya mengantisipasi," katanya.
Sementara Bupati Minahasa Utara Vonnie A Panambunan mengakui tersanjung dan bangga atas kedatangan Dirjen yang tak lain asal Minahasa Utara.
"Selain punya tujuan kenegaraan, kedatangan Dirjen Imigrasi di Minahasa Utara memberikan kebanggan tersendiri. Sehingga mewakili masyarakat Minahasa Utara sangat berterima kasih atas kunjungan Dirjen, dengan harapan memberikan nuansa ceria bagi daerah dan terus menjalin hubungan untuk kemajuan Minahasa Utara," ujar Bupati yang didampingi Sekda dan Kadia Perindustrian juga Kabag Humas.

Pewarta : Melky Rudolf Tumiwa
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024