Manado, (Antarasulut) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Manado, mendukung wali kota mengevaluasi pejabat yang kinerjanya kurang dan tidak baik.

"Wali kota sebagai penentu kebijakan harus melakukan evaluasi kepada seluruh pejabat sebab LKPD Manado tahun ini turun dibandingkan tahun sebelumnya," kata Wakil Ketua DPRD Manado, Richard Sualang, di Manado. .

Sualang mengatakan, tahun ini BPK perwakilan Sulawesi Utara memberikan opini wajar dengan pengecualian, pada LKPD Manado karena dalam pemeriksaan ada sejumlah temuan, dan hal tersebut menjadi tanggungjawab perangkat daerah dan pejabat yang bersangkutan.

Dia mengatakan, hal tersebut, menjadi tanda kalau pengawasan internal terhadap jalannya pemerintahan juga lemah, sehingga kinerja para pejabat mulai loyo dan perlu ada evaluasi supaya menjadi lebih baik.

Menurutnya, dalam beberapa tahun sebelumnya, kinerja jajaran pemerintah kota Manado terus menunjukan perbaikan dan naik dari tahun ke tahun, lalu tahun ini turun patut dipertanyakan.

Dia mengatakan, DPRD sebagai penyelenggara pemerintahan bahkan minta supaya wali kota melakukan tindakan segera, supaya ada penyegaran dan bisa ada peningkatan kinerja di lingkungan Manado.

Selain itu, kata Sualang, dalam fungsi pengawasannya pihaknya juga mendesak agar pejabat-pejabat baik eselon dua dan tiga harus diberikan peringatan, jika memang tak bisa lagi menjalankan tugas dnegan baik, perlu ada penyegaran.

Sualang berharap dengan melakukan evaluasi, maka berbagai temuan BPK bisa diselesaikan dan berharap tahun ini menjadi lebih baik, sehingga kedepan dapat menjadi lebih baik dari sekarang. ***2***



(T.KR-JHB/B/G004/G004) 14-06-2017 15:30:04

Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024