Minahasa Utara, 2/6 (Antara Sulut) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara dibawah pimpinan Bupati Vonnie A Panambunan didampingi Wakil Bupati Joppi Lengkong Safari Ramadan di Masjid Almuhajirin Kelurahan Airmadidi Bawah Kecamatan Airmadidi, Jumat.

Bupati Minahasa Utara Vonnie A Panambunan mengatakan jemaah masjid harus punya niat dan betul - betul berpuasa agar mendapat rahmat dari Tuhan.

"Apapun yang diinginkan, mintalah kepada Tuhan karena bagaimanapun Bupati ataupun Wakil Bupati bukanlah segalanya, tapi ketika ibadah kita dilakukan dengan sungguh-sungguh, apapun yang diinginkan pasti terkabulkan. Pemerintah akan berusaha untuk membangun masjid Almuhajirin," ujar Bupati.

Bupati berharap umat muslim di Minahasa Utara dapat menjalankan puasa dengan baik dan benar menurut perintah agama serta diharapkan bagi non muslim saling menghargai serta memghormati terhadap umat yang menjalankan ibadah puasa.

"Saya berharap keutuhan dan toleransi antar umat beragama yang sudah lama terbina di Minahasa Utara, terus dikembangkan demi keutuhan daerah terutama NKRI," ujar Bupati.

Dalam kesempatan itu, Imam Masjid Almuhajirin Patar Airnadidi Bawah M Latif dalam sambutannya mengatakan bangga karena Bupati Minahasa Utara boleh hadir meskipun keadaan masjid belum memungkinkan yang ke depan akan lebih baik.
"Jemaah Masjid Almuhajirin berharap ada dukungan pemerintah Minahasa Utara untuk pembangunan masjid. Dengan harapan masjid ini boleh berkembang demi anak cucu dikemudian hari," ujar Imam.
Dalam rangkaian safari ramdhan, dilakukan Tausiah yang dibawakan oleh Drs Ramly Makatungkang dengan khotbahnya mengedepanlan akal dan potensi nafsu yang mana harus dapat dikendalikan.
"Mengingat Minahasa Utara dalam potensi pembangunan, jadi diharapkan membangun harus sama-sama antara masyarakat dan pemerintah, serta melakukan sesuatu harus rasional agar amal yang dilakukan tidak sia sia," ujar Ramli dalam Tausiahnya.
Dia pun menekankan, hidup di dunia ini sebagai pengabdian hanya kepada tuhan, karena suatu saat kita semua akan kembali kepada sang pencipta.
"Niat yang ikhlas dalam puasa akan mendapatkan pahala lebih. Untuk itu berpuasalah dengan baik agar terbebas dari api neraka. Kuncinya harus banyak bersyukur kepada Allah," ujar Tausiah.
Rangkaian ibadah buka puasa, Bupati Minahasa Utara menyumbang secara pribadi untuk pembangunan masjid berupa uang tunai Rp5 juta serta beras dan sumbangan kepada 37 Lanjut Usia yang selanjutnya meminta jemaah agar memasukan proposal untuk bantuan pembangunan masjid Almuhajirin.

Pewarta : Melky Rudolf Tumiwa
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024