Manado, (Antarasulut) - Wakil Ketua DPRD Manado, Richard Sualang mengajak seluruh warga Manado untuk tetap menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari ancaman perpecahan.

"NKRI itu adalah harga mati, tidak boleh ditawar-tawar, karena itu adalah cita-cita luhur para pendiri bangsa ini," kata Sualang di Manado. 

Sualang mengatakan ketika memproklamirkan kemerdekaan, para pendiri bangsa ini menegaskan Indonesia adalah negara kesatuan berdasarkan Pancasila, bukan agama, karena itulah maka di sila pertama disebutkan Ketuhanan Yang Maha Esa.

Namun sekarang, kata Sualang, ada kelompok masyarakat tertentu membawa-bawa isu SARA sebagai jualan untuk memecah belah persatuan kesatuan dan merongrong keharmonisan negara dan gencar melakukan aksinya.

"Hal itu harus dilawan, NKRI tidak boleh terpecah, oleh karena itu masyarakat Manado jangan mudah terpancing atau terprovokasi dengan aksi-aksi tidak bertanggung jawab seperti itu, ingatlah bahwa Indonesia adalah negara persatuan," katanya.

Sualang pun mengingatkan masyarakat terutama generasi muda, agar tidak mudah termakan isu yang tidak bertanggung jawab, dan membuat kerukunan terpecah, karena bersatu itu indah.

Sualang yang berasal dari PDIP tersebut mengatakan, persatuan dan kesatuan menjadi harga mati, seperti yang berkali-kali disampaikan ketua umum Megawati Soekarnoputri yang diteruskan Ketua DPD PDIP Sulut Olly Dondokambey.

Sebab itu, dia mengajak generasi muda, untuk terus dan makin mencintai NKRI, karena dengan demikian akan terus bersemangat untuk menjaga persatuan dan kesatuan.***2***







(T.KR-JHB/B/G004/G004) 04-05-2017 20:42:31

Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024