Manado,  (AntaraSulut) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) bermitra dengan "Idea Consultant Inc" Jepang untuk mengelola eceng gondok yang ada di Danau Tondano, Kabupaten Minahasa.

"Kita sudah jajaki kerja sama dengan konsultan, tahun ini mulai pada tahapan persiapan dan tahun depan beroperasi," kata Gubernur Olly Dondokambey di Manado, Selasa.

Eceng gondok yang menutupi sebagian badan danau, kata dia, akan diangkat menggunakan peralatan khusus kemudian dikelola menghasilkan gas metan dan pupuk untuk menggerakkan sektor pertanian.

Peralatan yang akan disiapkan, kata dia, akan menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah, sebagiannya lagi dari "Idea Consultant Inc".

Politikus Partai Demokrasi Indonesi Perjuangan (PDIP) itu berharap masyarakat mendukung rencana pengelolaan eceng gondok di Danau Tondano, sehingga memberikan manfaat bagi pemerintah daerah dan warga sekitar danau.

Eceng gondok yang menutupi sebagian badan danau menjadi ancaman serius bagi pendangkalan danau yang menjadi urat nadi perekonomian provinsi serta kabupaten dan kota sekitar.

Air danau selain dimanfaatkan untuk pertanian dan perikanan, pariwisata, dan suplai air bersih juga digunakan untuk mmenggerakkan turbin PLN di Tonsea Lama, Kabupaten Minahasa.

Pada Rabu (29/3) Gubernur Olly Dondokambey bersama rombongan saat melakukan kunjungan kerja ke Jepang melakukan pertemuan dan menjajaki kerja sama bilateral dengan perusahaan "Idea Consultant Inc" yang dihadiri langsung CEO Dr Hideo Tabata.

Pertemuan ini juga difasilitasi Univesitas Sam Ratulangi Manado yang sudah bermitra dengan perusahaan yang bergerak di bidang konsultan itu.

Gubernur pada saat pertemuan itu berharap kerja sama yang telah berjalan antara "Idea Consultant Inc" dengan Universitas Sam Ratulangi berjalan baik dan terus ditingkatkan.***3*** Budi Suyanto



(T.K011/B/B008/B008) 04-04-2017 12:57:07

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024