Manado, (AntaraSulut) - Wali Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut) GS Vicky Lumentut mengharapkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) terus berbenah dan memperbaiki diri di tengah persaingan, kompetisi dan globalisasi.

"Caranya dengan melakukan peningkatan inovasi produk dan jasa, mengembangkan sumber daya manusia dan teknologi serta melakukan perluasan area pemasaran," kata Wali Kota Vicky di Manado, Minggu.

Hal ini perlu dilakukan untuk menambah nilai jual UMKM terutama bersaing dengan produk-produk asing yang semakin membanjiri sentra industri dan manufaktur Indonesia.

"Perluaslah wawasan dan pengetahuan formal dan informal dalam mengembangkan usaha yang sementara digeluti," ajaknya.

Wali Kota mengharapkan pelaku UMKM terus berinovasi dan berkreasi tiada henti dalam menjalankan usaha.

Tidak kalah pentingnya ajak wali kota periode kedua itu, antara pelaku UMKM saling membangun kemitraan yang menguntungkan.

"Perkuatlah kemitraan dengan pemerintah, BUMN, perbankan maupun pengusaha besar dalam menjalankan dan mengembangkan usaha dari sisi manajemen, permodalan maupun pemasaran produk UMKM," ujarnya.

Lagi menurut dia, bertumbuhnya kemandirian UMKM, akan mendorong penyerapan tenaga kerja yang pada gilirannya berkontribusi mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran. ***4***

(T.K011/B/F003/F003) 30-10-2016 22:45:43

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024