Minahasa Utara, 21/9 (Antara Sulut) - Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara mulai berbenah menyambut Penilaian Pertama (P1) Adipura dengan melakukan pertemuan para Camat, para Lurah dan Kepala Desa serta Perusahaan Daerah selaku penanggung jawab kebersihan, yang di pimpin Wakil Bupati setempat Joppi Lengkong.
Wakil Bupati Minahasa Utara Joppi Lengkong di Airmadidi, Rabu mengatakan, rapat tersebut demi mendorong masyarakat agar sadar akan kebersihan lingkungan menyambut Adipura.
"Penilaian pertama adipura ini penting yang diharapkan mendapat penilaian baik serta mendorong masyarakat agar sadar akan kebersihan lingkungan. Bukan sekedar mengejar Adipura, namun kebersihan penting bagi masyarakat," ujar Wakil Bupati.
Dalam rapat itu juga kata Lengkong, telah disepakati untuk ditindaklanjuti bilamana kebersihan wilayah adalah tanggung jawab Kepala Kelurahan maupun Kepala Desa dibawah koordinasi Camat.
"Masalah sampah rumah tangga nantinya akan ditampung dan diangkut oleh perusahaan daerah. Selebihnya perusahaan daerah akan Kerjasama terkait perjanjian pengolahan sampah dengan para Lurah maupun Kepala Desa khususnya tiga Lokasi Khusus prioritas utama yaitu Kecamatan Kausitan, Kecamatan Kalawat dan Kecamatan Airmadidi," ujarnya.
Untuk merangsang terciptanya lingkungan tetap beraih, pemerintah bersama PD Klabat akan menggelar lomba kebersihan dengan berbagai hadiah utama.
Harapan inilah kata Wakil Bupati, Minahasa Utara menjadi salah satu daerah bersih.

Pewarta : Melky Rudolf Tumiwa
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024