Bitung, 29/8 (Antara) - Wali Kota Bitung Maxmiliaan Jonas Lomban mengatakan pihaknya akan melakukan transplantasi terumbu karang di Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Hal ini dilakukan guna meningkatkan potensi kelautan dan pelestarian lingkungan hidup di Kota Bitung Sulawesi Utara, maka perlu ada transplantsi terumbu karang," kata Lomban di Bitung, Senin.

Melalui Dinas Perikanan dan Kelautan bekerja sama dengan berbagai kelompok masyarakat yang peduli pada terumbu karang, telah melakukan beberapa transplantasi terumbu karang.

Transplantasi terumbu karang yang telah dilaksanakan antara lain di pesisir perairan Pulau Lembe, juga sebagian di pesisir laut Kota Bitung.

Transplantasi terumbu karang ini, kata Lomban, sangat dibutuhkan dewasa ini dalam menjaga ekosistem kelautan, karena ada banyak fungsi bagi kesejahteraan rakyat.

Terumbu karang ini, selain menjadi tempat hidup ikan-ikan hasil tangkapan masyarakat, juga menjaga kelestarian lingkungan laut di Kota Bitung.

"Bagi daerah pesisir, ini sangat dibutuhkan. Apalagi akan ada banyak investasi di bidang perikanan laut yaang akan masuk di Kota Bitung," ungkap Lomban.

Juga menambahkan, saat ini penghasilan nelayan bertambah, karena hasil tangkapan ikan yang meningkat khusus di tingkat nelayan.

Pemerintah kota Bitung, sedang melakukan sosialisasi kepada sekolah-sekolah hingga tingkat atas. Juga, sosialisasi transplantasi terumbu karang ini kepada unsur masyarakat pesisir Kota Bitung oleh pihak kelurahan.

"Masa depan perkonomian dari sektor perikanan dan kelautan masih sangat menjanjikan di Kota Bitung," jelasnya. ***1***

(T.KR-FML/B/B012/B012) 29-08-2016 16:36:32

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024