Tomohon, (AntaraSulut) - Wali Kota Tomohon, Sulawesi Utara, Jimmy F Eman mengharapkan masyarakat mendukung upaya pemerintah daerah dan provinsi melebarkan beberapa ruas jalan perkotaan.

"Rencana pelebaran jalan ini tidak akan berjalan baik tanpa dukungan penuh seluruh warga kota. Kami optimistis rencana ini akan memberikan dampak positif bagi dinamika perkotaan," kata Wali Kota di Tomohon, Senin.

Beberapa jalan perkotaan yang masuk perencanaan pelebaran adalah ruas Kelurahan Kinilow-Danau Sineleyan (Kelurahan Kuranga/Talete), jalan lingkar timur, jalan Kelurahan Matani-Kelurahan Kaaten dan Kelurahan Matani-Kelurahan Sarongsong.

"Saat ini sementara dimatangkan proses perencanaan teknisnya oleh Pemerintah Kota Tomohon dengan pihak-pihak terkait lainnya," katanya.

Selanjutnya, ketua tim kerja pelebaran Jalan yang juga Kepala Bappeda Kota Tomohon Ir Enos Pontororing MSi mengingatkan masyarakat yang akan membangun rumah di sekitar jalan protokol untuk memperhatikan jarak antara badan jalan dengan lokasi bangunan.

"Ini penting disosialisasikan agar bangunan rumah maupun tempat usaha yang dibangun memperhatikan rencana ke depan pelebaran ruas jalan ini," katanya.

Tahapan awal pembangunan, kata mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum ini, akan dimulai dari sepanjang jalan protokol Kelurahan Kinilow Kecamatan Tomohon Utara.

"Pembangunan dan pelebaran jalan ini nantinya akan berpengaruh dalam meningkatkan arus barang dan jasa yang diyakini akan memberikan dampak luas pada laju peningkatan perekonomian masyarakat," katanya.

Selain itu, ikut meningkatkan kualitas pelayanan publik sekaligus menunjang Kota Tomohon sebagai daerah tujuan wisata yang telah mendunia serta berdampak langsung pada tingkat kesejahteraan masyarakat. ***3***



(T.K011/B/S023/S023) 23-05-2016 22:36:15

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024