Manado, 18/5 (Antara) - Ketua DPRD Manado, Noortje Henny Van Bone, berharap 7.857 siswa SD yang ikut ujian sekolah (US) bisa lulus.

"DPRD memperhatikan dan terus memantau pelaksanaan US SD, sejak hari pertama pelaksanaan sampai berakhir hari ini," kata Van Bone saat memantau pelaksanaan US di SD Katolik 13 Manado, di Manado, Rabu.

Dia mengatakan, pelaksanaan US SD memang menjadi perhatian, bukan hanya oleh pemerintah dan DPR tetapi seluruh lapisan masyarakat, karena tingkat dasar penting sebagai awal menuju ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Karena itu, Van Bone, mengatakan, pihaknya sangat berharap kiranya para siswa yang ikut US tersebut bisa melewati US sehingga bisa lulus dan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Van Bone mengakui memang sekarang kelulusan seorang siswa dari sekolah adalah rapat dewan guru, dengan mempertimbangkan seluruh aspek tetapi US juga harus bisa dilalui siswa dengan baik.

Mengenai siswa yang tak sempat ikut US, Van Bone mengingatkan, agar dinas pendidikan dan sekolah memberikan perhatian ekstra agar mendapat kesempatan ikut susulan.

"Dengan demikian tidak ada siswa yang tak lulus karena tidak sempat ikut US, sebisanya yang absen pada hari pertama sampai ketiga harus ikut susulan sehingga masih berkesempatan lulus," katanya.

Sekretaris Dinas Pendidikan Manado, Daghlan Walangitan, mengatakan, memang bagi siswa SD yang tak sempat US juga mendapatkan kesempatan mengikuti susulan pada pekan depan.

"Sesuai dengan ketentuan mereka diberikan kesempatan ikut US susulan, dimana waktu dan mata pelajarannya juga sama, sehingga bisa mendapatkan nilai sebagai salah satu bagian dari penentuan kelulusannya nanti," katanya. ***4***





(T.KR-JHB/B/G004/G004) 18-05-2016 21:07:47

Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024