Manado, (Antarsulut) - Sebanyak 7.857 siswa Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Manado siap mengikuti ujian sekolah (US) pada 16-18 Mei.

"Ujian dilaksanakan serentak di 257 SD sederajat di Manado, dan dijadwalkan mulai pukul 08.00-10 WITA," kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Manado Corry Tendean di Manado.

Tendean mengatakan US yang dulunya dikenal sebagai ujian nasional tetap akan mengujikan tiga mata pelajaran dasar bagi seluruh siswa kelas enam SD, yakni Bahasa Indonesia, matematika dan ilmu pengetahuan alam (IPA).

Untuk hari pertama, kata Tendean, jadwalnya adalah Bahasa Indonesia dengan waktu ujian selama dua jam, yakni mulai pukul 08.00 sampai 10.00 WITA.

Kemudian untuk hari kedua, katanya, adalah mata pelajaran matematika, sedangkan pada Rabu 18 Mei adalah IPA.

Menurut Tendean, seperti juga SMA sederajat dan SMP sederajat, siswa kelas enam SD yang tak sempat ikut pada hari pertama sampai ketiga, mendapatkan kesempatan untuk mengikuti ujian susulan.

"Ujian susulan dijadwalkan sepekan kemudian yakni mulai tanggal 23 Mei, dan juga akan dilaksanakan serentak dengan yang lainnya," katanya.

Tendean mengatakan untuk memudahkan dan mendukung para siswa dalam pelaksanaan UN, Dinas Pendidikan terus mengingatkan lembaga pendidikan untuk berkomunikasi intensif dengan orang tua para siswa.

"Tujuannya untuk membuat mereka memberikan dukungan penuh kepada siswa selama mengikuti ujian dan menyiapkan anak-anaknya yang masih berusia antara 10-12 tahun untuk ujian tanpa beban," katanya.

Karena dukungan orang tua maupun wali siswa, kata Tendean, sangat berguna untuk memberikan kemampuan bagi siswa siap lahir dan batin ikut ujian, sekaligus mendukung kesuksesan para calon pemimpin masa depan bangsa. ***4***


Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024