Tomohon, 10/3 (Antara) - Universitas Negeri Manado (Unima) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) menandatangani kerja sama meningkatkan sumberdaya di bidang pertambangan, Kamis.

"Penandatanganan kerja sama ini adalah bagian dari upaya meningkatkan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat," kata Rektor Unima Prof Dr Philoteus EA Tuerah MSi DEA di Tondano, Kabupaten Minahasa.

Kerja sama ini, kata dia, terkait dengan bidang penyelenggaraan program pendidikan tinggi, serta pengembangan sumberdaya manusia untuk menciptakan sarjana-sarjana unggulan yang dapat memenuhi kebutuhan industri pertambangan.

"Hal ini merupakan bagian dari kerja sama memajukan dunia pendidikan yang ada di Sulawesi Utara dan sekitarnya," katanya.

Tuerah menambahkan, walaupun kampus Unima berada di ujung utara pulau Sulawesi, bukan berarti tidak bisa bersaing menjadi ilmuwan yang sukses atau terpandang, karena seseorang tidak perlu terlalu pandai untuk menjadi ilmuwan yang berhasil.

Menurut dia, pikiran sehatlah yang harus dimiliki, berpandangan praktis, mempunyai ketekunan, kebulatan tekad, daya memusatkan perhatian, dan keuletan untuk tidak putus asa sewaktu menghadapi kesulitan.

"Kami memberikan apresiasi yang tinggi atas kepedulian Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman dan Wakil Wali Kotanya Syerly A Sompotan yang dalam kepemimpinannya bertekad memajukan pendidikan yang ada di Kota Tomohon," ujarnya.

Sementara itu, Rektor ITB Dr Ir Kadarsah Suryadi DEA terkesan dengan kepedulian pemerintah daerah memajukan bidang pendidikan di daerah ini.

"Bekal pendidikan adalah modal utama dalam menyongsong masa depan yang cerah karena berkontribusi langsung pada pembangunah daerah dan peningkatan kesejahteranan masyarakat umum," katanya.

Wakil Wali Kota Syerly A Sompotan mengatakan, kehadirannya dalam penandatanganan kerja sama ini adalah wujud perhatian dan kepedulian pemerintah terus memajukan pendidikan yang ada di Kota Tomohon sesuai dengan visi misi wali kota dan wakil wali kota.

"Kami terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan bagi para siswa dan mahasiswa karena Kota Tomohon sendiri dijuluki kota pendidikan," ujarnya.***4***





(T.K011/B/R010/R010) 10-03-2016 21:30:36

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024