Manado, (AntaraSulut) - Tren pinjaman cepat dalam masyarakat saat ini sudah mengarah pada pemenuhan kebutuhan hidup alias untuk makan.

Sebenarnya kondisi ini memprihatinkan dan seharusnya proses pengajuan pinjaman untuk tujuan seperti ini ditolak karena rawan macet. Idealnya pengajuan pinjaman adalah untuk keperluan mendesak dan butuh solusi segera dan bukan untuk memenuhi kebutuhan pokok.

Jika anda mengajukan pinjaman cepat memang untuk keperluan mendesak seperti biaya pengobatan atau keperluan darurat lainnya maka pinjaman jaminan bpkb mobil bisa jadi solusi. Alternatif lainnya adalah perum pegadaian.

Ingat jangan pernah menggadaikan bpkb kendaraan anda pada perusahaan yang tidak jelas reputasinya. Perusahaan gadai abal-abal saat ini banyak terdapat disekitar kita. Beberapa iklan mereka seperti “Anda butuh Dana Cepat? Gadaikan BPKB.

Pasti Diterima” banyak terdapat disekitar kita.  Berbekal kantor kiso kecil ruko 1-2 lantai mereka berna menawarkan proses dana cepat bahkan tanpa survey.
 
Pertimbangan penting dalam memilih Tempat Pembiayaan Multiguna dengan Jaminan BPKB kendaraan
 
Produk pembiayaan dengan gadai pada prinsipnya berbeda namun esensinya dianggap sama oleh masyarakat dimana mereka butuh uang kemudian menjaminkan bpkb kenderaan mereka.

Hal yang membedakan adalah jika gadai maka perusahaan tempat gadai yang resmi adalah pegadaian menggunakan akad kredit gadai, sedangkan jika menggunakan perusahaan pembiayaan maka produk yang diambil adalah pembiayaan multiguna untuk keperluan berbagai macam sesuai kebutuhan.

Berikut ini beberapa pertimbangan penting dalam memilih perusahaan pembiayaan supaya transaksi anda aman dan tidak ada yang dirugikan:

Memilih Perusahaan Pembiayaan yang baik
1. Pastikan perusahaan pembiayaan dimana Anda mengajukan pinjaman adalah anggota Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI/IFSA).

Anda bisa cek di website APPI atau bisa lihat di berbagai media onlline dan cetak seperti majalah infobank misalnya. Perusahaan yang menjadi anggota APPI tentu sudah punya nama dan berpengalaman dalam hal pembiayaan.
 
2. Seringkali ditengah masa kredit anda harus memperpanjang STNK. Pastikan prosesnya mudah dibantu oleh perusahaan pembiayaan mengingat BPKB anda masih menjadi jaminan kredit.

Biasanya anda akan dikasih Surat Keterangan dari perusahaan pembiayaan  atau diuruskan oleh perusahaan leasing. Demi kenyamanan pilih perusahaan yang memiliki cabang di seluruh nusantara sehingga memudahkan anda semua.

3. Tanyakan mekanisme dan kebijakan terkait pelunasan dipercepat, apakah BPKB langsung diterima saat pinjaman dilunasi tepat waktu atau dipercepat atau masih harus menunggu. Perusahaan pembiayaan kadangkala menjadikan BPKB nasabah sebagai jaminan untuk mendapatkan pembiayaan (funding dari bank).

Apabila BPKB dijaminkan ke bank perlu ditanyakan bank mana yang menyimpan dan perlu berapa hari untuk proses pengambilannya. Untuk pengambilan BPKB apakah masih dikenakan biaya.

4. Coba banyak diskusi dan sharing dengan marketing mereka, apakah mereka dibekali pengetahuan yang cukup terhadap produk yang mereka jual dan apakah mereka juga pmuya standar layana yang bagus terhadap nasabahnya.

Marketing adalah cermin perusahaan. Staf Marketing yang Profesional dan dapat menjelaskan hak dan kewajiban konsumen secara terbuka dan jujur, tanyakan suku bunga, biaya administrasi, premi asuransi, tanggal jatuh tempo angsuran, biaya denda keterlambatan angsuran dan biaya pelunasan perjanjian pembiayaan dipercepat.

Dan yang penting staf Perusahaan Pembiayaan tidak meminta imbalan jasa uang atau yang lainnya untuk pribadi. Jangan pula anda mencoba untuk menyuapnya karena ini dilarang oleh perusahaan pembiayaan.
 
Menjadi Nasabah yang baik dan Cerdas
Sebagai nasabah anda tidak cuma menuntut perusahaan pembiayaan untuk berlaku baik dan sempurna, namun anda juga harus berusaha untuk menjadi nasabah yang pintar dan cerdas. Bebrapa poin berikut ini penting untuk anda perhatikan:
 
1. Evaluasi kemampuan diri, pastikan pengajuan pinjaman sesuai kebutuhan dan kemampuan membayar angsuran.

2. Cerdas memahami dan memilih cara perhitungan bunga yang paling murah termasuk ketentuan pinalti apabila pinjaman dilunasi lebih cepat.

3. Demi keamanan status pinjaman anda sebaiknya anda mencari pinjaman yang dicover asuransi. Jika terjadi resiko biasanya ada pilihan paket asuransi Total Lost Only untuk kendaraan anda sehingga Anda tidak perlu membayar sisa pinjaman apabila kendaraan yang dijaminkan hilang dicuri atau mengalami kerusakan sampai dengan 75%.

4. Pilih cara pembayaran angsuran yang fleksibel dan paling sesuai dengan kondisi anda, bisa lewat kantor cabang, atau transfer atau kantor pos atau tempat-tempat pembayaran yang lain.
 
Waspadai Praktek Gadai BPKB berikut ini
Bisnis gadai BPKB memang sangat menggiurkan. Bunga yang dipasarkan bisanya menggunakan sistem flat bisa berkisar 3-4%. Bunga ini sudah sama dengan kartu kredit atau kredt tanpa agunan.

Kadangkala proses yang jalan juga tidak benar sesuai dengan prosedur analisa kredit yang seharusnya. Sebagai nasabah yang cerdas anda harus waspada terhadap praktek gadai BPKB berikut ini:

1. Pinjaman Cepat 1 jam Cair. Secara logika 1 jam cair adalah proses kredit instan yang sulit dilakukan mengingat proses mengumpulkan berkas, survey domisili dan usaha, apraisal jaminan dan analisa kelayakan tentu tidak bisa selesai dalam waktu 1-3 jam.

2. Tidak jelas dimana kantor pusat dan pengurus perusahaan. Anda bisa tanya ke masyarakat sekitar atau ke perusahaan pembiayaan langsung apakah kantornya masih sewa atau sudah milik sendiri. Jika milik sendiri tentu relatif aman karena logikanya pemilik tidak akan lari meninggalkan asetnya.

3. Lokasi penyimpanan BPKB pastikan ditempat yang aman. Anda bisa tanyakan apakah disimpan di kantor tersebut atau di kantor pusatnya.

4. Status ijin tidak lengkap. Ijin usaha meliputi ijin ke pemerintah daerah setempat dan ijin terhadap industri yang mengawasinya dalam hal ini OJK.

5. Kredit tanpa survey. Kredti tanpa survey tentu tidak menggambarkan kondisi analisa kredit yang komprehensif. Jika kredit tanpa survey secara kasat mata seolah sama saja dengan semua pengajuan kredit pasti diterima. Jika ini dilakukan bisa anda bayangkan reputasi seperti apa perusahaan tersebut.
 
Uraian diatas memberikan gambaran yang  cukup jelas bahwa gadai BPKB mobil bisa menjadi alternatif solusi untuk menyelesaikan masalah keuangan Anda dalam waktu cepat.

Tetapi pastikan Anda memilih lembaga yang memiliki kredibilitas dan reputasi yang baik untuk menggadaikan BPKB Anda dengan membandingkan pinjaman dari banyak lembaga keuangan di situs cermati.com. Kesalahan memilih perusahan pembiayaan bisa beresiko terjadi sengketa dikemudian harinya.



Pewarta :
Editor : Pemasaran
Copyright © ANTARA 2024