Manado (ANTARA) -
Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Yulius Selvanus dan Victor Mailangkay berkomitmen membawa Sulawesi Utara(Sulut) yang maju, sejahtera dan berkelanjutan saat memaparkan visi, misi dan program pada debat pertama yang digelar KPU Sulut.

"Visi kami berdua sepakat membawa Sulut yang maju, sejahtera dan berkelanjutan," kata Yulius di Kota Kotamobagu, Rabu.
 
Pada debat publik perdana tersebut KPU Sulut menentukan tema yang berkaitan dengan pemberdayaan ekonomi lokal, ketahanan pangan, pariwisata, pengelolaan sumber daya alam, dan tata ruang wilayah yang berwawasan lingkungan.
 
Dari tema tersebut, kata dia, terdapat beberapa misi yaitu membangun perekonomian daerah yang kuat, berkeadilan sosial, dan berkelanjutan.
 
Berikutnya, memperkuat daya saing daerah melalui pembangunan infrastruktur yang berkualitas, terintegrasi, dan ramah lingkungan, meningkatkan ketahanan pangan, energi, dan air yang merata dan berkelanjutan:
 
Pasangan Yulius-Victor juga menetapkan misi memperbaiki tata kehidupan masyarakat yang tertib, aman, dan nyaman dengan tetap menjaga dan melestarikan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal.
 
Yulius menambahkan, untuk mencapai visi dan misi tersebut dia bersama dengan Victor menetapkan beberapa program terkait dengan tema debat tersebut.
 
Di antaranya, penguatan jaringan infrastruktur jalan, irigasi, dan drainase, peningkatan agro-bisnis, agro-industri, dan agro-marketing.
 
Selain itu, peningkatan sarana prasarana perikanan tangkap dan budi daya, optimalisasi pembangunan desa dan pemberdayaan UMKM serta pengembangan pariwisata cerdas (smart tourism) berbasis pesona alam, aset budaya dan kearifan lokal, kesehatan dan kebugaran, dan MICE.
 
Program berikutnya, lanjut dia, peningkatan kualitas lingkungan hidup, kawasan permukiman, dan interaksi sosial kemasyarakatan, peningkatan kinerja Kawasan Ekonomi Terpadu dan pengembangan logistik Hub Kawasan Asia Pasifik penyanggah IKN serta pemindahan pertambangan rakyat.
 
Debat publik juga memberikan kesempatan kepada pasangan calon gubernur dan wakil gubernur lainnya Elly Lasut-Hanny Pajouw (nomor urut dua) dan Steven Kandou-Denny Tuejeh (nomor urut tiga) menyampaikan visi, misi dan program.
 
 
 
 
 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024