Manado (ANTARA) -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara sementara mempersiapkan produksi, tata kelola hingga penyimpanan logistik untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.
 
“Rapat koordinasi ini merupakan tindak lanjut dari rakornas persiapan produksi setelah dilakukan klik secara nasional terkait pengadaan logistik, dan untuk KPU Sulut dapat dilaksanakan secara terbuka dan transparan," kata Ketua KPU Sulut Kenly Poluan saat membuka rakor di Manado, Selasa.
 
Dia mengatakan, logistik tahap satu meliputi kotak suara, bilik suara, tinta, segel plastik dan segel kertas yang menyangkut persiapan dari sisi teknis, KPU Sulut merencanakan ada monitoring hingga menyusun mekanisme pendistribusian logistik. 
 
"Tentu pengalaman sebelumnya, lebih khusus saat Pemilu 14 Februari 2024, menjadi acuan untuk mitigasi masalah,” katanya menambahkan. 
 
Poluan juga  berharap proses tahap pertama ini bisa berjalan lancar dan apabila ada kendala untuk segera dilaporkan agar segera dicarikan solusinya.
 
"Kami mengajak semua untuk proaktif dan maksimal menyukseskan Pilkada 2024," ujarnya.
 
Di sisi lain Anggota KPU Sulut Awaludin Umbola meminta jajaran KPU kabupaten dan kota untuk bisa membangun kolaborasi berkaitan dengan seluruh tahapan Pilkada ini.
 
“Kerja sama kita untuk memastikan tahapan bisa tersosialisasikan kepada semua lapisan masyarakat,” kata Umbola. 
 
Sekretaris KPU Sulut Meidy Malonda ikut memastikan produksi logistik Pilkada tahap I sudah siap, telah diklik panitia pengadaan.
 
Hadir sebagai narasumber dari Polda Sulut Gili Ginting, Bawaslu Sulut Erwin Sumampouw, Pengamat Politik Jerry Sumampouw dan Alfitra Salamm.
 
KPU Sulut menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Produksi, Pengelolaan dan Penyimpanan Logistik Pemilihan Tahun 2024 Tahap I serta Pengelolaan Logistik Eks Pemilu 2024 dengan peserta ketua, sekretaris, kepala sub bagian umum, logistik dan keuangan KPU kabupaten/kota se-Sulawesi Utara. 
 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024