Ratahan, (ANTARA Sulut) - Warga Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) meminta sektor pertanian diperhatikan.
"Kami berharap ke depan ada perhatian dari pemerintah bagi sektor pertanian," kata Felix Ginsu Jumat (24/4).
Dia mengungkapkan, salah perhatian pemerintah terhadap sektor pertanian yang diinginkan warga yakni peningkatan infrastruktur.
"Seperti pada alat-alat pertanian, atau jalan akses pertanian sehingga dapat membantu kami," katanya.
Felix menambahkan, agar para wakil rakyat di DPRD Mitra dapat memperhatikan kondisi pertanian.
"Termasuk bisa menyiapkan anggaran untuk kelompok-kelompok tani, sehingga dapat membantu permodalam," tandas Felix.
Anggota DPRD Mitra Vocke Ompi ketika dimintai tanggapannya mengatakan, agar warga tak hanya mengusul program-program yang diinginkan.
"Harus berani mengawal, kan kantor dewan itu adalah rumah rakyat. Apalagi ini menyangkut sektor pertanian, silahkan kita bersama-sama mengawal langsung saat penyusunan anggaran," terang Ompi, Sabtu (25/4).
Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Mitra, Elly Sangian mengatakan, tahun 2015 anggaran pertanian mengalami peningkatan.
"Tahun ini saja ada sekitar 17 miliar, yang akan dipergunakan untuk mendorong sektor pertanian di Minahasa Tenggara," kata Sangian, Sabtu (25/4).
Namun menurutnya, besaran anggaran ini kebanyakan akan diberikan kepada kelompok-kelompok tani, khususnya pada pengembangan tanaman pangan.
"Karena kita ada target untuk swasembada pangan. Untuk peningkatan jalan pertanian, tahun ini memang ada tapi sekarang program pemerintah kabupaten untuk menuntaskan revitalisasi pemukiman," terang Elly.


Pewarta : Arthur Karinda
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024