Manado (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan Provinsi Sulawesi Utara berpotensi hujan lebat yang dapat disertai angin kencang hingga 5 Juni.
 
"BMKG mengeluarkan peringatan dini hujan dengan intensitas sedang sampai lebat yang dapat disertai petir dan angin hingga 5 Juni 2024," sebut Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben A Molle di Manado, Ahad.
 
Dia mengatakan hampir sebagian besar wilayah kabupaten dan kota di provinsi tersebut mengalami cuaca ekstrem.
 
Karena itu dia berharap, masyarakat berhati-hati terhadap potensi terjadinya bencana banjir, tanah longsor hingga pohon tumbang.
 
Dia mengatakan, di tanggal 3 Juni hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang diperkirakan terjadi di wilayah Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan dan Kabupaten Minahasa Tenggara.
 
Selanjutnya, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.
 
Di tanggal 4 Juni berpotensi terjadi di wilayah Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kota Kotamobagu, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan dan Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.
 
Sementara di tanggal 5 Juni diprediksi terjadi di wilayah Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud.*

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024