Manado (ANTARA) - Menjelang berakhirnya masa jabatan Rektor Universitas Negeri Manado (Unima) Prof. Deitje Katuuk, perguruan tinggi negeri tersebut mulai membuka pendaftaran calon rektor (Carek), bagi ASN dan PNS yang memenuhi syarat untuk memimpin PTN itu. 

Salah satu yang resmi mendaftar sebagai calon rektor (Carek) adalah Dr. Joseph Philip Kambey. Dekan fakultas ekonomi dan bisnis Unima itu mendaftar pada Senin siang ke panitia pemilihan rektor periode 2024-2028. 

"Saya sangat siap mewujudkan kemandirian institusi dan bangsa melalui inovasi untuk pengembangan IPTEK dan transfer ilmu pengetahuan jika dipilih jadi Rektor Unima," kata Kambey, usai mendaftar Senin sore. 

Mantan Sekretaris program studi S2 Pendidikan Ekonomi Unima ini menegaskan tekadnya untuk membangun dan membuat Unima unggul, mandiri dan kompetitif. 

Apalagi, kata dia dengan perkembangan ilmu teknologi saat ini, kesempatan itu terbuka luas. Sebab itu dia bertekad mewujudkan penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran yang unggul dalam bidang pendidikan dan non-pendidikan demi terciptanya Indonesia Maju.

Di sisi lain, Kambey menyatakan, memiliki rancangan Program Kerja antara lain berupaya meningkatkan peningkatan standarisasi dan internasionalisasi kurikulum serta mempercepat akreditasi unggul dan internasional untuk program studi dan institusi.

"Hal lain yang meliputi juga peningkatan kompetensi dan linieritas keilmuan dosen dan peningkatan kreativitas dan prestasi mahasiswa sesuai dengan kebutuhan dunia kerja Nasional dan Global sebagai bagian terpenting dalam mewujudkan Unima yang unggul dan mandiri,” katanya. 

Bahkan pakar ekonomi Unima ini mengatakan, jika nanti dia dipercayakan nanti sebagai Rektor, juga akan meningkatkan kerja sama dalam dan luar negeri dalam rangka mutu dan relevansi kurikulum dan proses pembelajaran.

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024