Manado, (ANTARA Sulut) - Komunitas Sangihe dan Talaud (Satal) mengusung Wakil Gubernur Djouhari Kansil untuk maju pada pemilihan kepala daerah (pilkada) gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Desember 2015 mendatang.

"Dukungan tersebut datang dari Ikatan Keluarga Indonesia Sangihe, Sitaro dan Talaud (IKISST), Badan Musyawarah Kerukunan Sangihe Talaud (Bamukist), Musyawarah Masyarakat Talaud (MUKAT) dan Ketua Umum Ikatan Keluarga Sangihe Talaud (IKSAT)," kata Hengky Baramuli, tokoh warga Nusa Utara (Nustar) di Manado, Senin.

Hengky yang juga Ketua Umum IKISST mengatakan, keikutsertaan orang nomor dua di jajaran pemerintahan Sulut ke pilkada dimaksudkan untuk menjaga keterwakilan warga Nusa Utara di jajaran top eksekutif tetap berlanjut.

"Saya mendorong agar pak Kansil bersedia maju dalam pilkada gubernur, apakah menjadi calon gubernur atau wagub. Kami siap berada di belakang bapak, seperti semangat Santiago, tokoh pejuang Satal," tegas Baramuli di Manado, Minggu.

Bahkan mantan Anggota DPR-RI ini menyerukan etnis Sangihe dan Talaud (Satal) tetap bersatu, karena sudah jenuh menjadi penonton, tetapi mengambil bagian maju menjadi pelaku.

Hal senada juga datang dari Ketua Harian Bamukist Mourits Berhandus dan Ketua Harian Mukat Mochtar Parapaga serta Ketua Umum IKSAT Edison Humiang.

Mereka mengatakan, tahun politik yang sementara bergulir hendaknya dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan mengutus calon yang mampu berkompetisi.

"Siapa saja putra terbaik Nusa Utara yang mencalonkan diri baik di pilkada gubernur, pilkada bupati dan wali kota harus kita dukung bersama-sama. Termasuk sosok Wakil Gubernur Djouhari Kansil," katanya.

Diusungnya Djouhari Kansil yang juga Ketua Umum Forum Komunikasi Nusa Utara (FK-Nustar) sebagai kandidat di pilkada gubernur Desember tahun ini mengkristal dalam temu kangen tokoh-tokoh Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kepulauan Sangihe dan Kepulauan Talaud di salah satu hotel di Manado.

Pewarta : Oleh Karel A Polakitan
Editor : Guntur Bilulu
Copyright © ANTARA 2024