Manado (ANTARA) - Wali Kota Tomohon Caroll Senduk menyerahkan bantuan Screen House kepada 9 kelompok tani yang tergabung dalam Asosiasi Bunga Indonesia (Asbindo) Kota Tomohon bertempat di Okoy Flower Garden (OFG) Kakaskasen, Tomohon Utara.

Caroll Senduk melaksanakan pengguntingan pita bantuan screen House yang diterima Kelompok Tani (Poktan) Matuari dengan Ketua Lexi Pungus.

“Harapan kami bantuan ini dapat digunakan minimal 10 tahun. Dan dapat dimanfaatkan dengan baik yang hasilnya kedepan untuk keuntungan kelompok tani sendiri,” kata Caroll Senduk.

Wali Kota juga melihat lokasi tanah di dalam  screen house yang sudah siap ditanam.

Ketua Asbindo Tomohon, Melkysedek Tangkawarouw berterima kasih atas perhatian dari pemerintah kota Tomohon.

“9 kelompok ini memang dipilih karena sejak 2022 sudah memulai program export. Target TIFF 2024, bunga yang dihasilkan lewat poktan ini harus sesuai standart export,” kata Tangkaworauw.

Kami berharap, program-program seperti ini dari pak Walikota akan berlanjut.

“Kami Asbindo siap menopang dan mensupport program pak Walikota,” katanya.

Kepala Dinas Pertanian Karel F. Lala mengatakan 9 Green House yang menerima bantuan memiliki bunga kualitas export.

“Sarana Prasarana dibuat standart export sehingga hasilnya juga dapat sesuai dengan standar negara tujuan,” kata Karel Lala.

Kelompok tani yang menerima bantuan Screen House yaitu: Kelompok Tani Krisan Indah Kakaskasen Satu, Kelompok Tani Baitel Farmer Kakaskasen Satu. Kelompok Tani Pinasungkulan Kakaskasen Satu.

Kelompok Tani Anthurium Kakaskasen Dua, Kelompok Tani Primadona Kakaskasen Dua, Kelompok Tani Krekleli Kakaskasen Dua, Kelompok Tani Sukamaju Kakaskasen Dua, Kelompok Tani Sangkor Kakaskasen Dua dan Kelompok Tani Matuari Kakaskasen.


Pewarta : Karlie Hannie
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024