Manado (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Utara meningkatkan kualitas penyuluh agama di Kota Kotamobagu untuk menciptakan pribadi dan masyarakat yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, toleran dan hidup rukun, serta berperan aktif dalam pembangunan nasional.

"Saya mengimbau para penyuluh agama untuk mematuhi semua peraturan yang ada dengan memperhatikan tugas pokok dan fungsi seorang penyuluh," kata Kakanwil Kemenag Sulut H Sarbin Sehe, di Kotamobagu, Kamis.

Dia mengatakan hal ini akan selalu diingatkan sebab penyuluh agama berkewajiban menyampaikan ajaran kebaikan kepada masyarakat sehingga meningkatkan keimanan.

Pembinaan Penyuluh Agama Kristen se-Kota Kotamobagu dan Kabupaten Bolsel yang diselenggarakan oleh Bidang Urusan Kristen dirasa sangat penting untuk dilakukan.

Tujuan dilaksanakan adalah untuk menciptakan pribadi dan masyarakat yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, toleran dan hidup rukun, serta berperan aktif dalam pembangunan nasional.

Dia menjelaskan sama halnya dengan Pembangunan Zona Integritas, penyuluh agama harus paham dan menegakkan nilai-nilai untuk menuju wilayah bebas dari korupsi terutama di wilayah Sulawesi Utara khususnya Kotamobagu.

"Harus dengan sepenuh hati melayani umat tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun," katanya.

Begitu juga dengan sumbangan atau bantuan dalam bentuk apapun untuk keperluan rumah ibadah.

Kakanwil menegaskan agar semua bantuan disalurkan dengan benar dan tepat sasaran tanpa mengurangi nominal untuk keperluan administrasi atau sejenisnya, hindari pungli," ungkap H Sarbin Sehe.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024