Manado (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, Sulawesi Utara, memotivasi para atlet panjat tebing lokal di wilayah itu, agar terus meningkatkan prestasi hingga nasional.

"Saya harap atlet lokal bisa sampai tingkat nasional setelah mengikuti Kejuaraan Terbuka Panjat Tebing Nasional Piala Wali Kota Manado tahun 2024," kata Wakil Wali Kota Manado Richard Sualang, di Manado, Kamis.

Dia mengatakan ini adalah ajang prestasi bagi atlet panjat tebing yang ada di seluruh Indonesia.

"Ada sebanyak 12 provinsi yang ikut baik dari Sumatera, Jawa bahkan Papua juga turut hadir di Manado," katanya.

Kebanggaan tersendiri, katanya, khusus Kota Manado karena bisa menggelar kejuaraan tingkat nasional dan diikuti oleh atlet-atlet berprestasi.

"Semoga ini bisa memotivasi atlet lokal. Ajang ini bisa menjadi pemacu bagi atlet daerah untuk mengukur sejauh mana latihan yang telah dijalankan," jelasnya.

Dan pada kesempatan ini juga, katanya, akan memulai penggunaan fasilitas dinding panjat yang ada Taman Berkat Manado.

Dia menjelaskan tentunya ini dibangun oleh Pemerintah Kota Manado supaya bisa dimanfaatkan untuk peningkatan prestasi panjat tebing di Sulawesi Utara.

"Mari kita jaga bersama apa yang sudah dibangun, kita pelihara agar awet dan ini bisa digunakan latihan bahkan ajang kompetisi. Selamat bertanding dan junjung sportifitas, makin maju panjat tebing Sulawesi Utara," jelasnya.

Turut hadir Kabid kompetisi PP FPTI Anugerah Agung Karokaro, Jury President Asmar Situju (Pengprof FPTI Sulawesi Selatan), Chief Routesetter (Routsetter InterContinental) Ronald Mamarimbing Kadispora Kota Manado Pontoh Wuisang Kakauhe, dan seluruh peserta kejuaraan terbuka Panjat Tebing 2024.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024