Manado (ANTARA) - Kapendam XIII/Merdeka Kolonel Kav Mujahidin,  menyampaikan materi "public speaking" pada acara rapat kerja teknis (rakernis)  bidang intel, sandi dan siber serta penerangan Kodam XIII/Merdeka, di Manado, Senin.

Kapendam Mujahidin di depan para peserta rakernis menyampaikan bahwa jago dalam public speaking bukan karena bakat semata namun lebih karena kemauan berlatih, mengasah diri dan belajar tanpa henti.

“Kemampuan bicara di depan umum berkembang dengan latihan dan praktek, jadi apa sebenarnya yang menghalangi kita untuk berlatih dan praktek? jawabnya, rasa gugup, takut karena kurangnya pengetahuan dan keberanian,” katanya.

Untuk itu lanjut Kapendam, perbanyak referensi, sering berlatih dan meningkatkan rasa percaya diri serta berdoa adalah solusi.

Kapendam juga menyampaikan tips presentasi yakni dengan menyiapkan dan menguasai materi dengan baik, membayangkan yang akan terjadi esok saat presentasi dan saat presentasi lakukan kontak mata, body language, bahasa, IKIT serta memberikan selingan seperti joke, cerita "ice breaking". 

Turut hadir dalam acara tersebut, Asintel Kasdam XIII/Merdeka, Kasansidam dan Dandeninteldam XIII/Merdeka serta para Kasi Intelrem jajaran Kodam XIII/Merdeka, dan para pejabat Intel/Pam satuan jajaran Kodam XIII/Merdeka.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024