Manado (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) H Sarbin Sehe mengapresiasi Kemenag Kotamobagu yang menjadi percontohan zona integritas tahun 2024.

"Kemenag Kota Kotamobagu merupakan salah satu satker dari 33 Satker yang akan ke tahap selanjutnya memenuhi syarat untuk lanjut ke penilaian tahap berikut oleh Kemenpan-RB," kata Sarbin, di Manado, Rabu.

Dia mengatakan tak mudah tentunya Kemenag Kotamobagu untuk sampai ke titik ini, segala upaya telah dijalankan agar bisa membawa instansi itu ke arah yang lebih baik.

Sarbin Sehe memberikan apresiasi akan keberhasilan Kantor Kemenag Kotamobagu lolos tahap satu zona integritas dan berharap lolos tahap berikutnya.

“Salam sukses untuk Kemenag Kotamobagu,” ungkap Hi Sarbin Sehe.

Pemerintah Kota Kotamobagu dalam hal ini Wali Kota DR Hi Asripan Nani juga memberi apresiasi, sebagai mitra kerja tentunya Kementerian Agama sering memberi kontribusi berupa prestasi yang diraih di bidang keagamaan, pendidikan, seni budaya.

"Semoga ke depan mitra kerja akan terus beriringan untuk bersama membangun Kota Kotamobagu," katanya.

Awal mula eksistensi Kantor Kemenag Kota Kotamobagu yakni Kota Kotamobagu adalah daerah otonomi baru sebagai hasil pemekaran Kabupaten Bolaang Mongondow.

Pasca pemekaran daerah, wilayah Bolaang Mongondow terbagi menjadi empat kabupaten dan satu kota yaitu Kota Kotamobagu, Kabupaten Bolaang Mongondow (induk), Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Kota Kotamobagu dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2007 tentang pembentukan Kota Kotamobagu di Propinsi Sulawesi Utara Lembaran Negara Tahun 2007 nomor 6, tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia nomor 9680.

Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di bidang agama maka terbentuk pula Kantor Kementerian Agama Kota Kotamobagu berdasarkan Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2010 tentang Pembentukan Kantor Kementerian Agama Kota Kotamobagu dengan wilayah kerja meliputi wilayah Kota Kotamobagu yang memiliki luas wilayah 86,6 KM2.

Kantor ini diresmikan pada tanggal 9 Desember 2010 yang selanjutnya tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Ulang Tahun Kementerian Agama Kota Kotamobagu.

Dari tahun ke tahun kantor ini mulai menunjukkan perubahan sejak berdirinya kantor ini.

Di bawah kepemimpinan Kepala Kantor Jamaluddin Lamato, Kemenag Kotamobagu mulai menunjukkan perubahan yang sangat signifikan bahkan lebih dikenal masyarakat dan instansi lainnya.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024