Manado (ANTARA) - Pemungutan suara Pemilu 2024 di Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), diawali dengan ibadah syukur memohon tuntunan Tuhan agar pelaksanaan Pesta Demokrasi kali ini bisa berjalan dengan baik, lancar dan aman.

"Memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar pelaksanaan pemilihan ini bisa berjalan dengan baik dan lancar, sehingga mendapatkan pemimpin yang memang diutus oleh Tuhan," kata Ketua Jemaat Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) Paulus Wasian Nova Syalom Emor, saat membuka dengan ibadah pemungutan suara di TPS Desa Wasian, Kakas Barat, Rabu.

Dia mengatakan semoga pesta demokrasi pemilihan pemimpin negara dan anggota legislatif tahun ini bisa berjalan aman dan damai.

Ia mengatakan para petugas KPPS lakukan kewajiban dengan baik yang berpedoman pada UUD 1945 dan terutama takut akan Tuhan.

Sehingga, katanya, untuk memulai segala sesuatu harus diawali dengan doa dan ucapan syukur pada Tuhan.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) 001 Desa Wasian Kakas Barat Rheyfel H F Tagah, mengatakan semua anggota KPPS telah melalui berbagai seleksi dan pelatihan dan telah diambil sumpah, untuk melaksanakan tugas dengan baik.

Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Mistika Tagah mengatakan jumlah Pemilih di Desa Wasian Kakas Barat sebanyak 508 pemilih dan dilakukan di dua TPS.

Dia mengatakan pemungutan suara dilakukan mulai pukul 07:00 Wita dan akan ditutup pendaftaran pukul 13:00 Wita.

Hukum Tua Desa Wasian, Kecamatan Kakas Barat Marlein Komaling Lalamentik mengimbau kepada warga masyarakat agar datang melakukan pencoblosan di dua TPS yang telah disiapkan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa Rendy Suawa mengatakan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024, sebanyak 265.000 orang.

Jumlah pemilih yang ditetapkan dalam DPT tersebut, di 270 Kelurahan dan Desa yang tersebar di 25 kecamatan yang ada di Kabupaten Mianahasa dengan jumlah TPS 1.168.

Untuk pemilih laki-laki berjumlah 133.652 dan untuk pemilih perempuan sebanyak 131.348. jadi total DPT Pemilu 2024 berjumlah 265.000 orang.

KPU Sulut menetapkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) dalam Pemilihan Umum Pemilu) tahun 2024 sebanyak 1.969.603 pemilih.

Rinciannya adalah 993.863 pemilih laki-laki dan 975.740 perempuan.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024