Manado (ANTARA) - Korem 131/Santiago memperingati Hari Juang TNI AD ke-78 tahun 2023, melalui upacara dipimpin Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Wakhyono, yang diikuti seluruh prajurit dan PNS di kesatuan  tersebut, di Manado, Jumat.

Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak dalam sambutan dibacakan  Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Wakhyono mengatakan Hari Juang TNI AD merupakan momentum penting untuk mengenang perjuangan para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raga demi mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan bangsa Indonesia.

Saat itu, Jenderal Sudirman dengan keteguhan dan keberaniannya memimpin pasukan di Pertempuran Ambarawa.

"Meski dalam kondisi sakit, tidak pernah menyerah, pertempuran Ambarawa menjadi salah satu momen penting dalam sejarah perjuangan bangsa kita, kegigihan dan keberanian Jenderal Sudirman menjadi inspirasi bagi kita semua," katanya.

Ia mengatakan Hari Juang TNI AD kali ini mengusung tema "TNI Bersama Rakyat Bersatu Dengan Alam  untuk NKRI".

Tema ini memiliki makna yang sangat mendalam, yaitu bahwa kita harus terus memperkuat kemanunggalan TNI AD Rakyat.

Mari kita bersama-sama wujudkan cita-cita para pahlawan, yaitu menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

"Semoga TNI AD senantiasa menjadi alat negara yang profesional, responsif, integratif, modern dan adaptif serta selalu siap sedia untuk membela keutuhan NKRI," katanya.

Ia mengatakan kita akan segera memasuki tahun politik tahun 2024.

Belajar dari pengalaman sebelumnya, situasi di tahun politik berpotensi membuka celah terjadinya berbagai ancaman yang disebabkan oleh perbedaan-perbedaan pandangan politik yang seringkali disusupi oleh kelompok-kelompok radikal dan intoleran.

"Oleh karena itu, tingkatkan kewaspadaan terhadap berbagai potensi kerawanan yang mungkin terjadi di lingkungan tugas masing-masing, dan selalu pegang teguh komitmen netralitas TNI," katanya.



 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024