Manado (ANTARA) - Kodam XIII/Merdeka memberikan pembinaan mental ideologi dan kejuangan kepada 497 prajurit di kesatuan tersebut, di Manado, Senin.

Kepala Pelaksana Bintaldam XIII/Merdeka Letkol Inf Rocky Philip Kiroh, mengatakan bahwa kondisi jiwa terpantul dalam sikap dan perilaku seseorang terhadap berbagai situasi yang dihadapinya.

“Baik buruknya tingkah laku prajurit dan PNS sangat dipengaruhi oleh kondisi mentalnya, namun mental yang tangguh dapat mendorong tercapainya pelaksanaan tugas pokok dengan baik,” kata dia.

Pembinaan mental ideologi dan kejuangan merupakan salah satu bentuk pemeliharaan dan pemantapan mental prajurit dan PNS yang senantiasa berdasarkan Pancasila, Sapta Marga, Sumpah Prajurit, 8 wajib TNI dan Panca Prasetya Korpri.

Tujuan kegiatan ini juga untuk memberikan pengetahuan dalam membangun mental agar mampu menangkal segala pengaruh negatif yang datang dari luar organisasi yang kiranya dapat berpotensi merusak mental para prajurit dan PNS.

Pembinaan mental ideologi dan kejuangan tersebut mengusung tema ”Memantapkan mentalitas Prajurit dan PNS Kodam XIII/Merdeka Berdasarkan Pancasila”.

Bentuk-bentuk pembinaan mental antara lain pembinaan mental rohani, pembinaan mental ideologi dan pembinaan mental kejuangan.

Dan ini merupakan pembinaan mental yang sering disampaikan atau diterapkan kepada para prajurit dan PNS Kodam XIII/Merdeka.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024