Manado (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menerima gelar kehormatan Doktor Honoris Causa bidang Ilmu Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado.

Gubernur ke -12 provinsi ujung utara Sulawesi tersebut sebelumnya meraih gelar Profesor HC Bidang Pendidikan dari Wuhu Institute oh Technology Cina.

Prof (HC) Olly Dondokambey diberikan gelar kehormatan DR (HC) dalam sidang senat terbuka pada Kamis (21/9) yang dipimpin Rektor Unsrat Prof. Dr. Ir. Oktovian Berty Alexander Sompie, M.Eng, IPU, ASEAN.ENG.

Gubernur Olly sepanjang menjabat melakukan berbagai inovasi dan meraih berbagai penghargaan di berbagai bidang semisal membangun konektivitas bidang pariwisata dengan Cina, Jepang, Korea Selatan dan ke depan akan semakin meluas. 

Inovasi Gubernur Olly juga nyata dengan mendorong perekonomian Sulut tumbuh di atas rata-rata perekonomian nasional di masa pandemi COVID-19 karena berhasil menggenjot pertanian sebagai sektor penyanggah.

Di era kepemimpinannya berbagai proyek strategis nasional berhasil diselesaikan semisal tol Manado-Bitung, Bendungan Kuwil Kawangkoan di Minahasa Utara, Bendungan Lolak di Kabupaten Bolaang Mongondow yang akan diresmikan serta kawasan ekonomi khusus.

Rektor Unsrat Berty Sompie, mengatakan pemberian gelar HC adalah tradisi akademik yang diberikan kepada seseorang melalui pertimbangan, dikaji dan dinilai oleh Univeristas Sam Ratulangi atas jasa dan karya luar biasa sehingga layak mendapatkannya.

"Sejak 2016 Gubernur Olly Dondokambey telah menjadi bagian dalam pengembangan pendidikan Universitas Sam Ratulangi, dan saat ini telah terakreditasi sebagai universitas negeri badan layanan umum yang unggul," kata Rektor.

Diakui, kata dia, sebagai Gubernur, Prof (HC) Olly Dondokambey membangun Sulut Hebat dalam indikator pembangunan baik infrastruktur pembangunan, SDM, sosial, budaya, kemasyarakatan, serta menjaga stabilitas ekonomi dan politik.

"Hal ini hanya bisa dicapai oleh pemimpin yang mempunyai visi dan kemampuan manajemen yang setara atau bahkan melebihi starata pendidikan doktor," sebut Rektor.

Pemberian gelar kehormatan oleh Universitas Sam Ratulangi ini adalah yang pertama sejak perguruan tinggi tersebut di bangun 62 tahun lalu.

Gubernur Olly kepada memberikan apresiasi atas pemberian gelar kehormatan tersebut sebagai bentuk pengakuan atas apa yang telah dilakukan selama ini.

"Kami atas nama keluarga, pemerintah provinsi terharu dengan penghargaan ini," ujarnya.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024