Manado (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) meningkatkan kualitas kesehatan bagi calon pengantin di Sangkub, Kabupaten Bolaang Mongondouw Utara (Bolmut), Sulawesi Utara (Sulut).

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sangkub Bachtiar Mokoginta mengatakan, perlu adanya penguatan dan edukasi kesehatan oleh instansi kesehatan utamanya pada kesehatan reproduksi kepada calon pengantin yang akan mendaftar di KUA.

"Edukasi ini bertujuan untuk menekan stunting di wilayah kecamatan," kata Bachtiar, Rabu.

Dikatakan bahwa upaya edukasi ini juga dilakukan oleh Kementerian Agama bekerjasama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) terkait dengan syarat melangsungkan pernikahan dengan harus mengantongi sertifikat nikah.

Sertifikat nikah merupakan yang berisi kondisi kesehatan pengantin yang akan menikah, berupa sertifikat Elsimil atau sertifikat Elektronik Siap Nikah dan Hamil yang didapatkan dari aplikasi Elsimil yang dikeluarkan oleh BKKBN.

Camat Sangkub Harto Hassan meminta seluruh instansi lintas sektor agar dapat membantu program-program kesehatan dari Puskesmas Sangkub sebagai wujud optimalisasi gerakan kesehatan bagi masyarakat.

Dikatakan bahwa dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, bukanlah menjadi tanggung jawab sektor kesehatan, puskesmas atau rumah sakit semata, tetapi juga merupakan tanggung jawab bersama secara kolektif semua elemen bangsa, baik yang memiliki keterkaitan langsung maupun tidak.

Karena, katanya, kesehatan memiliki relasi dan dampak besar pada semua sektor, seperti ekonomi, pendidikan, sosial dan sebagainya, karena semua hal tidak akan berjalan jika pelaku atau manusianya tidak sehat.

Lokakarya Mini Lintas Sektor Puskesmas adalah salah satu ruang membangun komitmen, menyatukan misi ditingkatkan pemangku kepentingan, camat sebagai pemerintah kecamatan, KUA yang bergerak dalam pembinaan keumatan, kepala desa sebagai representasi masyarakat desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan puskesmas sebagai instansi kesehatan untuk sama-sama bersinergi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024