Manado (ANTARA) -  Alumni Akabri 89 di Sulawesi Utara (Sulut) melaksanakan kegiatan bakti sosial seperti pelayanan kesehatan dan pemberian bantuan di Lapangan Manguni Tondano, Kabupaten Minahasa, Sabtu.

"Dalam rangka 34 tahun pengabdian Akabri 89, kami melaksanakan  berbagai  kegiatan sosial," kata Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto yang juga alumni Akabri 89.

Dia mengatakan sejumlah kegiatan itu seperti bakti sosial di 70 tempat ibadah melibatkan 950 personel, memberikan 8.209 paket bantuan sosial dan melaksanakan bakti kesehatan seperti donor darah target 800 orang.

Kemudian khitanan massal dengan kuota 800 orang, pengobatan gratis 3.200 orang dan perbaikan gizi stunting 100 anak.

"Ini dilaksanakan di seluruh kabupaten, kota di Sulut," katanya.

Kegiatan ini, kata Kapolda, dibantu oleh para tenaga kesehatan yang terdiri dari 146 Nakes Polri, 40 orang dari PMI, dan 39 orang dari dinas kesehatan.

"Saya memberikan apresiasi dan penghargaan yang luar biasa kepada semua pihak, kepada panitia dan Kapolres Minahasa yang sudah mendukung penuh pelaksanaan bakti sosial dan bakti kesehatan ini," katanya.

Karena melibatkan juga jajaran TNI, ia berharap ke depan TNI dan Polri akan semakin solid dan terus bersinergi dalam melaksanakan tugas pengabdian.

"Ini bentuk sinergitas, kolaborasi dan kerja sama yang terjalin antara TNI dan Polri, yang sudah terjalin sejak pendidikan dan itu terbawa terus sampai pelaksanaan tugas. Dengan kegiatan ini mudah-mudahan TNI dan Polri semakin solid," katanya.

Selain Kapolda Setyo Budiyanto kegiatan itu dihadiri alumni Akabri 89 lainnya yakni  Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Luthfie Beta, Kapoksahli Brigjen TNI Patar Sahat Panggabean, Kabidkum Polda Sulut Kombes Pol Martubongs dan Pamen Ahli Kodam Kolonel Syalom Manoppo.

Serta  diikuti  Wakapolda Sulut Brigjen Pol Jan de Fretes, para pejabat utama TNI dan Polri, Forkopimda Minahasa, Bhayangkari, tokoh agama, tokoh masyarakat dan masyarakat sekitar, yang berjumlah kurang lebih 800 orang.

Kegiatan diawali dengan bersepeda sekaligus pembagian paket sembako kepada masyarakat oleh para alumni, di tiga rumah ibadah di Tondano, yaitu di Gereja Katolik Tataaran 1, Gereja Betlehem Tataaran 2 dan Masjid Al Falah Kyai Modjo.

Kemudian pada puncak kegiatan di Lapangan Manguni, alumni Akabri 89 juga menyerahkan paket sembako kepada masyarakat serta menggelar bakti kesehatan.


 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024