Manado (ANTARA) - Provinsi Sulawesi Utara juarai Kesehatan Reproduksi (Kespro) Kawula Muda (AKuKaMu) tahun 2023, menyingkirkan peserta dari beberapa provinsi.

Penyelenggaraan kegiatan ini menindak lanjuti surat Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional No. 227/KB.09.03/E4/2023 perihal Pemberitahuan Kegiatan AKuKaMu 2023. 

Terkait hal tersebut Direktorat Bina Kesehatan Reproduksi telah melaksanakan penilaian lomba “Ajang Kespro Kawula Muda (AKuKaMu) 2023" berupa lomba Jingle Dance Challenge, lomba ini bersifat edukasi dan berisi informasi kesehatan reproduksi.

Ada sebanyak 29 provinsi yang berpartisipasi dalam ajang lomba 'AKuKaMu' 2023 tersebut, sementara lima provinsi tidak mengambil bagian seperti Sumatera Selatan, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Maluku Utara dan Sulawesi Barat.

Total ada sebanyak 53 video peserta Jingle Dance Challenge Akukamu 2023 yang masuk. 

Setelah dinilai, ada sebanyak 12 finalis “Ajang Kespro Kawula Muda (AKuKaMu) 2023" untuk selanjutnya dipilih tiga juara terbaik dan juara favorit. 

Di ajang ini, Sulut diwakili Yosua Sasauw, Ryan Robernat Ronte dan Charisa Sharon Rengku.

Ketiganya mengalahkan peserta dari Provinsi Sumatera Barat dan Jawa Tengah (juara dua) serta Jawa Barat dan Jawa Timur (juara favorit). 
 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024