Manado (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Utara H Sarbin Sehe, di Sangihe, Jumat, mengharapkan madrasah menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

"Untuk mewujudkan SDM yang bermutu perlu melakukan pembinaan kepada para guru dan siswa di MTs Negeri 1 Tahuna," kata Sarbin.

Kakanwil memberi apresiasi kepada guru yang telah menjalankan tugas sebagai seorang pendidik, yang memberikan ilmu pengetahuan dan membentuk karakter para siswa agar menjadi pribadi yang hebat serta bermartabat di masa depan.

"Saya berharap para guru mampu mengikuti perkembangan pendidikan di era yang modern, terus berinovasi dalam membangun pendidikan," ujar Kakanwil.

Kepada para siswa, Kakanwil juga menitipkan tiga pesan. Pertama, agar menjaga keseimbangan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual.

"Ternyata tidak cukup mengajarkan anak kita, generasi kita hanya IQ, kecerdasan intelektual atau nilai akademik yang itu sudah jelas, dan berdasarkan sebuah penelitian hanya berperan 10-20 persen saja tingkat keberhasilan.

Ia mengatakan tanpa adanya kecerdasan emosional atau kemampuan merasa dan tanpa adanya kecerdasan spiritual atau kemampuan mendengar hati nurani yang terdalam, sulit untuk disebut sebagai makhluk intelektual.

Kedua, selain belajar para siswa harus rajin ibadah, sebagai ikhtiar pembentukan karakter lewat praktek amaliyah.

Terakhir, dirinya mengingatkan agar selalu dekat dengan Al Quran, yakni belajar, mengkaji dan menghidupi nilai-nilai Qur'an dalam kehidupan sehari-hari sebagai pedoman.

Kegiatan yang dilaksanakan di MTs Negeri 1 Tahuna ini berjalan dengan baik dan dihadiri oleh Kabid Pendis H Ahmad Sholeh, Kabid Pendidikan Kristen Anneke Purukan, Pembimas Katolik Joula Makarawung, Kasubbag TU Kemenag Sangihe Merry Rumopa, dan seluruh Kepala Seksi serta jajaran Kemenag Kabupaten Sangihe.*


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024