Manado (ANTARA) - Ketua Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Sulawesi Utara, Risya Ganda Davega mengatakan pihaknya berkomitmen mendukung penuh Program Merdeka Belajar Episode ke-24, di daerah itu.

"Kami terus menunjukkan komitmen dalam mendukung program pemerintah untuk mencerdaskan anak bangsa, dengan mengambil bagian pada kegiatan yang diprakarsai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek)," kata Risya yang juga Ketua TP-PKK Minut, Rabu.

Dia mengatakan pihaknya akan mendorong pemangku kepentingan dalam pelaksanaan Gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan di daerah. 

Dia mengatakan melalui kegiatan Komitmen Bersama Bunda PAUD untuk mendukung Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan, akan mendukung kebijakan Transisi PAUD ke SD di wilayahnya masing-masing.

Kemudian, katanya, mendorong kolaborasi pemangku kepentingan untuk memastikan gerakan penguatan transisi PAUD ke SD terlaksana di daerah.

Serta, katanya, mendukung implementasi program kerja yang berkaitan dengan Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan.

Ia menjelaskan setiap anak memiliki hak untuk dibina agar kemampuan yang diperoleh tidak hanya kemampuan kognitif, tetapi juga kemampuan fondasi yang holistik.

“Bukan hanya kognitif, anak-anak juga berhak mendapatkan kemampuan holistik seperti kematangan emosi, kemandirian, kemampuan berinteraksi, dan lainnya,” jelasnya.

Merdeka Belajar Episode ke-24 merupakan kebijakan yang mendasari transisi PAUD ke SD/MI/sederajat yang menyenangkan, yang akan dimulai sejak tahun ajaran baru.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024