Manado (ANTARA) - Bupati Minahasa Utara Joune J E Ganda memantau kualitas beras di gudang Badan Urusan Logistik (Bulog) di Kelurahan Paceda, Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) untuk disalurkan bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

"Kunjungan ini dalam rangka memastikan ketersediaan stok beras, kualitas beras hingga memastikan kesiapan distribusi yang akan disalurkan bagi KPM di Kabupaten Minahasa Utara," kata Bupati Minut Joune J E Ganda, di Bitung, Sabtu.

Bupati mengatakan tujuan penyaluran beras bantuan bagi KPM adalah untuk mengurangi beban pengeluaran penerima bantuan pangan.

Juga,  sebagai upaya untuk menangani kerawanan pangan, kemiskinan, stunting dan gizi buruk, keadaan darurat, melindungi produsen dan konsumen, mengendalikan dampak inflasi, serta pemenuhan kebutuhan pangan jelang lebaran 2023.

Bupati Minut Joune Ganda saar meninjau Gudang Bulog di Kelurahan Paceda, Kota Bitung, diterima oleh Manager Operasional dan Pelayanan Publik Bulog Moh Yasir dan Manager Bisnis Serly Rasningen.

Manager Operasional dan Pelayanan Publik Bulog Moh Yasir mengatakan telah menjaga kualitas beras Bulog sesuai dengan standar yang ditetapkan pemerintah.

"Kami selalu melakukan pemeriksaan terhadap beras di gudang, sehingga selalu sesuai standar dan layak dikonsumsi," jelasnya.

Dia mengatakan menurut Inpres Nomor 7 tahun 2009 persyaratan kualitas beras yang diterima Bulog adalah beras dengan kadar air maksimal 14 persen, butir patah maksimum 20 persen, butir menir maksimum 2 persen dan derajat sosoh minimal 95 persen.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024