Manado (ANTARA) - Bupati Minahasa Utara Joune Ganda mengharapkan perbaikan irigasi untuk meningkatkan perekonomian di sektor pertanian Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Saya harapkan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Kiniar Maumbi bertempat di Desa Watutumou, Kecamatan Kalawat bisa termanfaatkan dengan baik," kata Joune, di Airmadidi, Senin.

Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dalam hal ini Dinas PUPR terus membantu masyarakat dalam bidang pembangunan, salah satunya pembangunan saluran irigasi.

"Saluran irigasi ini berfungsi untuk membawa dan mengalirkan air dari sumber ke lahan pertanian. Selain itu, saluran irigasi ini juga dapat mendistribusikan air kepada tanaman serta mengatur dan mengukur aliran air yang ada," katanya lagi.

Bupati berharap saluran irigasi yang sudah dibangun bisa dijaga dan dirawat oleh masyarakat.

Ia menjelaskan manfaat terpenting yang diharapkan dalam perbaikan irigasi ini betul-betul bisa meningkatkan perekonomian dan penghasilan masyarakat.

Bahkan, katanya pula, pihaknya bisa menambah fasilitas dasar pembangunan khususnya di sektor pertanian dan sektor sektor lainnya.

Bupati juga mengatakan manfaat lain dari sistem irigasi ini adalah bisa dibuka atau tutup, sehingga sangat memudahkan petani untuk melakukan pengairan terhadap lahan padi dan dapat memanfaatkan air serta meningkatkan produktivitas padi dibandingkan petani non irigasi.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024