Minahasa Utara, (ANTARA Sulut) - Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga meluncurkan informasi data pendidikan melalui sistem online, di lantai satu kantor pemerintah setempat, Senin.

"Website terintegrasi ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan yang modern dan berdaya saing serta mengikuti perkembangan tegnologi," ujar Bupati Minahasa Utara Sompie Singal dalam sambutannya.

Singal mengatakan, terlaksananya website tersebut untuk memenuhi instruksi Presiden nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.

Dengan demikian dikatakan Singal, Dinas Pendidikan Minahasa Utara, harus berupaya mengikuti gerak laju perkembangan informasi berbasis website.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan olahraga Maximelian Tapada mengatakan, sistim website yang dijalankannya bekerjasama dengan PT. Multi Data Indo dan terintegrasi dengan sekolah- sekolah di Minut terlebih yang ada di kepulauan.

"Sistem ini akan menyebar hingga ke wilayah kepulauan yang ada di Minahasa Utara," ujar Tapada.

Maximelian Tapada menjelaskan sistim data terintegrasi itu punya 10 keunggulan yang dapat dinikmati oleh pengguna baik internal maupun eksternal.

"Antara lain dapat meningkatkan produktivitas kerja, pelayanan dan kompetensi sekolah yang bersangkutan. Semua data terkait dikpora Minut dapat diakses melalui www.dikporaminut.net.," katanya.

Di Indonesia kata dia, sistim website terintegrasi itu baru ada di Kota Tanggerang dan Minut.

Direktur PT. Multi Data Indo Hirohito Saroinsong, mengatakan, website berbasis informasi data pendidikan tersebut bisa digunakan para guru untuk mengakses data Dikpora.

"Bahkan para guru di Minut bisa memberikan tugas dan nilai melalui website ini," ujar Saroinsong.
(guntur/@Antarasulut.com)

Pewarta : Oleh Melky Rudolf Tumiwa
Editor : Guntur Bilulu
Copyright © ANTARA 2024