Manado (ANTARA) - Kolaborasi komunitas motor yang tergabung dalam Bold Riders Minahasa memperingati momen Hari Pahlawan 10 November 2022 lalu dengan menggelar kegiatan positif, yaitu mengkampanyekan gerakan kemanusiaan donor darah kepada masyarakat untuk memenuhi kebutuhan persediaan darah di wilayah setempat.

Enam komunitas motor yang terlibat dalam gerakan ini adalah YVCI Minahasa Selatan, HSFCI Minahasa, HSFCI Minahasa Selatan, HSOI Minahasa Selatan, YNCI Minahasa Selatan, dan YVCI Minahasa.

Okni Ardiles Rumangkang selaku koordinator kegiatan menjelaskan aksi ini merupakan bagian dari program ‘Bakti Pemuda Setetes Darah untuk Negeri 2022’ yang digelar serentak di seluruh Indonesia Timur mulai 29 Oktober hingga 13 November 2022 lalu. Kolaborasi komunitas dan Palang Merah Indonesia (PMI) ini melibatkan 750 komunitas di 82 kabupaten/kota di Indonesia Timur yang tersebar di 15 provinsi. 

Kegiatan dengan tema ‘KITA adalah Pahlawan’ tersebut berhasil mengumpulkan 3.085 kantong darah dari total pendaftar 5.894. Atas capaian ini Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) memberikan dua penghargaan sekaligus, yakni pertama rekor donor darah terbesar yang dilakukan komunitas. Kemudian kedua adalah donor darah di provinsi terbanyak, yakni donor darah secara paralel dalam kurun waktu dua minggu di 15 provinsi.

Khusus di Minahasa Selatan, donor darah massal telah dilaksanakan pada Sabtu (12/11/2022) di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kel Lewet Kec Amurang. Jumlah pendaftar sebanyak 20 orang, sementara darah yang terkumpul 17 kantong. Berapa peserta gagal mendonor karena tidak memenuhi syarat medis. Kantong darah yang terkumpul dikelola oleh PMI untuk memenuhi kebutuhan darah setempat.

Menurut Okni, kegiatan donor darah massal ini menjadi wadah bagi komunitas untuk mengajak masyarakat setempat memaknai Hari Pahlawan dengan gerakan yang bermanfaat bagi orang lain dan juga diri sendiri. Pasalnya banyak yang tertarik untuk bergabung dalam aksi ini, namun masih ada rasa takut untuk diambil darahnya. 

Okni mengapresiasi rekan-rekan komunitas yang bergerak cepat untuk mengajak masyarakat berpartisipasi. Ia berharap semangat kepahlawanan yang digelorakan dalam kegiatan ini menjadi motivasi bagi komunitas untuk terus berkontribusi dalam kegiatan kemanusiaan.

Menurut Okni, anggota Bold Riders Minahasa cukup aktif, baik dalam kegiatan rutin komunitas , maupun keterlibatan dalam aksi sosial. Untuk memperkuat soliditas tersebut, selepas donor darah massal rampung, mereka mengadakan games-games menarik yang dilanjutkan dengan rolling thunder keliling kota. 

“Ke depan komunitas akan lebih menggencarkan sosialisasi agar jumlah partisipan lebih banyak. Secara umum kegiatan telah terselenggara dengan baik, sebab jumlah jumlah darah yang terkumpul tahun ini lebih banyak dari tahun sebelumnya,” tandasnya.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024