Sangihe, Sulut (ANTARA) - Anggota KPU Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara,  Iklam Patonaung mengatakan, sampai Senin(28/11)  sore, pelamar yang memasukkan permohonan untuk menjadi calon anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) mencapai 187 orang.

"Jumlah tersebit kemungkinan masih akan bertambah sebab pendaftaran dibuka sampai dengan hari Selasa(29/11) besok," kata anggota KPU Sangihe Iklam Patonaung di Tahuna, Senin.

Perincian ke-187 pelamar tersebut berasal dari Kecamatan Tahuna 19 pelamar, Tahuna Barat (8), Tahuna Timur (18), Kendahe (9), Tabukan Utara (20), Tabukan Tengah (15), Tabukan Selatan (7), Tabukan Selatan Tengah (7), Tabukan Selatan Tenggara (9), Manganitu Selatan (13), Tamako (12), Manganitu (17), Tatoareng (6), Nusa Tabukan (21) dan Marore 6 pelamar. Sehingga secara keselurahan sampai dengan pukul 18.25 wita ada 187 pelamar.

"Bagi yang mau memasukkan berkas lamaran, masih ditunggu sampai  29 November 2022," kata dia.

Kabupaten Kepulauan Sangihe memiliki 15 kecamatan, setiap kecamatan akan ditetapkan lima orang anggota PPK sehingga anggota PPK di Kabupaten Sangihe dibutuhkan 75 orang. 

Syarat calon diantaranya berusia minimal 17 tahun, mempunyai integritas, pribadi yang kuat, jujur dan adil, tidak menjadi anggota Parpol, berdomisili di wilayah kerja PPK dan berpendidikan minimal SLTA dan tidak pernah dipidana penjara dengan ancaman lima tahun atau lebih.

Terhadap berkas pendaftaran calon yang sudah diterima, KPU akan melakukan penelitian administrasi mulai tanggal 21 November sampai dengan 1 Desember dilanjutkan dengan pengumuman hasil penelitian pada tanggal 2 sampai dengan 4 Desember.

Sedangkan tes tertulis dilaksanakan pada tanggal 5 sampai dengan 7 Desember. Hasilnya diumumkan pada tanggal 8 sampai dengan 10 Desember.

Terhadap calon yang lulus administrasi, KPU membuka ruang kepada masyarakat untuk memberikan tanggapan serta masukan terhadap semua calon.

Tes wawancara kata dia dilaksanakan tanggal 11 sampai dengan 13 Desember, hasilnya diumumkan pada tanggal 14 sampai dengan 16 sekaligus penerapan anggota PPK terpilih.

Sedangkan pelantikan 75 anggota PPK terpilih nanti dilaksanakan pada tanggal 4 Januari 2023.

Dia mengajak warga masyarakat yang memenuhi syarat agar mengambil bagian dalam penyelenggaraan pemilihan umum tahun 2024 dengan mendaftarkan diri menjadi anggota PPK.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024