Manado (ANTARA) - Wali Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Andrei Angouw mengharapkan agar warga kotanya lebih sadar kesehatan jantung.

"Saya harap kegiatan Yayasan Jantung Indonesia (YJI) bisa mendorong masyarakat Kita Manado untuk lebih sehat lagi," kata Andrei dalam Talk Show peringatan HUT YJI ke-44 dengan tema Save and Be Friend Your Heart, di Manado, Kamis.

Wali Kota memberikan beberapa tips dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

"Yang pertama harus bahagia, hindari stres, rajin olahraga dan rutin check up kesehatan," katanya.

Untuk masyarakat, katanya,bisa cek darah di Puskesmas dan sudah ada beberapa penyakit yang bisa dilakukan pemeriksaan.

Wali Kota juga mengingatkan untuk selalu mengkonsumsi makanan yang bersih dan sehat.

"Makan sayur, dan berhenti merokok. Perlu diedukasi terus untuk tidak dan berhenti merokok, karena selain harganya mahal merokok dapat membahayakan kesehatan. Penyakit jantung ini masih menjadi nomor 1 pembunuh di dunia,” tutur Wali Kota.

Wali Kota berharap masyarakat Kota Manado semakin sadar untuk hidup sehat.

“Saya harap masyarakat semua sadar tentang kesehatan terutama kesehatan jantung. Pemerintah harus edukasi, karena pemerintah punya kepentingan besar untuk masyarakat sehat," jelasnya.

Jadi pemerintah akan siapkan fasilitas, nanti akan dilihat dari jumlah kasus, dan pihaknya berharap dukungan dari semua stakeholder karena kesehatan sangat penting untuk membangun Kota Manado dan Indonesia.

Selain talk show, acara lain yang diselenggarakan dalam rangka peringatan hari ulang tahun Yayasan Jantung Indonesia adalah lomba senam jantung sehat, pelatihan BHD, dan pelantikan pengurus club senam jantung se-kecamatan di Kota Manado.

Turut hadir dalam kegiatan ini pembicara talk show Ketua Yayasan Jantung Indonesia Kota Manado yang juga merupakan Sekretaris TP-PKK Kota Manado dr Merry Sualang-Mawardi dan dr Victor Rooroh, sebagai pembicara, pengurus Yayasan Jantung Indonesia Kota Manado.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw

Copyright © ANTARA 2024