Manado (ANTARA) - Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw mengharapkan sektor pariwisata menjadi alat untuk peningkatan pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja serta sektor lainnya.

"Pariwisata tetap menjadi tonggak nasional dan Sulut untuk kita jadikan sebagai alat peningkatan pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan kerja, pengurangan kemiskinan, dan yang pasti harus mencintai lingkungan," ujar Wagub Steven saat membuka Bunaken Festival di Malalayang Beach Walk (MBW), Manado, Rabu.

Ia pun mengatakan kegiatan ini juga merupakan momentum dari membaiknya kegiatan perekonomian usai pandemi dan MBW terpilih sebagai tempat acara karena menjadi ikon baru kota Manado.

"Tadinya kumuh, tapi ide pak Gubernur diusulkan ke Presiden saat berkunjung ke Bunaken, maka rasa-rasanya seperti disulap tempat ini menjadi bagus, extraordinary," kata Wagub.

Pemprov Sulut memberikan apresiasi kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang pada 2022 menetapkan lima agenda pariwisata Sulut menjadi agenda pariwisata nasional.

Kelima agenda pariwisata tersebut yaitu Festival Selat Lembeh (Kota Bitung), Tournament International Flower Festival (Kota Tomohon), Bunaken Festival (Kota Manado), Likupang Tourism Festival (Kabupaten Minahasa Utara), dan Festival Danau Tondano.

"Satu kebanggaan bagi Sulut karena Desa Budo di Kabupaten Minahasa Utara mendapat penghargaan sebagai desa pariwisata terbaik nasional," ujarnya.

Menurut Wagub, kebangkitan pariwisata provinsi ujung utara Sulawesi ini adalah kerja bersama semua pemangku kepentingan di daerah.

"Kita tahu persis industri pariwisata sebelum pandemi adalah idola. Waktu itu, pariwisata kita menyumbangkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dari empat persen menjadi 14 persen," sebutnya.

Kala itu, Sulut menjadi salah satu pintu masuk kedatangan wisatawan internasional ke Indonesia seiring dengan adanya penerbangan langsung dari delapan kota di China. 

"Tekad pak Gubernur seiring dan semangat nasional recover together, recover stronger, kita kembalikan pariwisata sebagai idola PDRD kita nanti," katanya.

Dalam kesempatan ini, Staf Ahli Gubernur Bidang Pariwisata, Dino Gobel menambahkan kegiatan Bunaken Festival adalah merupakan bentuk kampanye wisata sehat.

"Mari berkunjung ke Sulut, Sulut siap menyambut wisatawan dengan wisata sehat. Apalagi Kemenparekraf menetapkan Desa Budo sebagai desa pariwisata terbaik nasional," ajaknya.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024