Manado (ANTARA) - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk memfasilitasi pedagang bunga di Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut)bertransaksi menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

"Kami sudah fasilitasi pedagang bunga di Tomohon agar juga bertransaksi secara cashless atau non tunai dengan QRIS," kata Senior Vice President Optimalisasi Bisnis Hermita, di Manado, Selasa.

Hermita mengatakan dengan begitu layanan digitalisasi akan teredukasi hingga kelompok masyarakat paling kecil bahkan hingga pelosok desa.

Dia mengatakan QRIS dalam bertransaksi merupakan langkah penting untuk memperluas literasi keuangan dan pengembangan digitalisasi bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). 

QRIS, katanya, dapat menaikkan kelas UMKM karena mendorong pelaku usaha untuk memiliki rekening bank, yang lebih lanjut membantu mereka berstatus bankable guna memperoleh berbagai layanan perbankan, termasuk bantuan permodalan.

Selain itu, metode QRIS yang sifatnya nontunai dapat mendukung transaksi UMKM yang lebih memenuhi protokol kesehatan. Dengan demikian, diharapkan realisasi Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui pemberdayaan UMKM bisa dipercepat. 

Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulut Arbonas Hutabarat mengatakan pihaknya mendorong peningkatan penggunaan QRIS di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pada tahun 2022 ini.

Berdasarkan data per Maret 2022, di Kota Manado sudah ada 58.345 merchant ORIS atau sebesar 42 persen dari total merchant ORIS di Sulawesi Utara yang berjumlah 138.683 merchant.

Arbonas mengatakan Kota Manado memiliki pengguna terbanyak dibandingkan kabupaten kota lainnya.

"Setelah Manado, disusul Kabupaten Minahasa 14.190 merchant, kemudian Minahasa Utara 10.967, sehingga potensi yang ada di Sulut masih cukup besar dan perbankan harus manfaatkan itu," katanya.

Berdasarkan data tersebut, katanya. potensi untuk pengembangan ORIS di Sulawesi Utara masih besar dan menjadi pasar yang menarik bagi PJP serta menjadi sumber potensi peningkatan transaksi digital di masyarakat. 

Bank Indonesia terus melakukan inovasi fitur-fitur yang dimiliki ORIS yaitu ORIS TTM (Tanpa Tatap Muka), ORIS on Delivery, ORIS Ecosystem, ORIS CPM (Customer Presented Mode), ORIS TTS (Transfer, Tarik, Setor), dan ORIS Cross Border sehingga mendukung peningkatan transaksi secara online. 

QRIS merupakan standar QR Code nasional yang ditetapkan oleh Bank Indonesia dan diluncurkan pada tanggal 17 Agustus 2019 agar proses transaksi pembayaran secara domestik menggunakan QR Code dapat lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024