Manado (ANTARA) - Badan Pusat Statistik (BPS) sosialisasikan sensus pertanian 2023 dalam ajang Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2022, di Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Senin.

Kepala BPS Sulut Asim Saputra mengatakan BPS Provinsi Sulawesi Utara bersama BPS kabupaten dan kota yang super solid untuk mengikuti parade karnaval TIFF 2022 dalam rangkaian pameran 8-14 Agustus 2022. 

"Dalam ajang kami melakukan sosialisasi kegiatan BPS dalam karnaval bunga yaitu Sensus Pertanian 2023," katanya.

Dia menjelaskan branding BPS sangat menonjol pada event ini, parade bunga tema ST2023 mencuri perhatian, bahkan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut memberi tepuk tangan meriah.

Badan Pusat Statistik (BPS) akan melakukan sensus pertanian serentak tahun 2023. Sensus ini bertujuan untuk memotret perubahan struktur pertanian Indonesia dalam 10 tahun terakhir.

Pelaksanaan sensus pertanian ini diamanatkan Undang-undang (UU) Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik dan mengacu pada sejumlah rekomendasi dari The Food and Agriculture Organization (FAO) atau Organisasi Pangan dan Pertanian yang menetapkan The Word Programme for the 2010 Around Agricultural Censuses Covering periode 2006-2015.

Sensus pertanian ini merupakan momentum untuk menyajikan data terkini untuk memberikan gambaran sebelum menentukan kebijakan apa yang akan diambil oleh nasional maupun daerah dalam hal ini Sulut.

BPS perlu melakukan sensus pertanian untuk mengetahui perubahan struktur pertanian di Indonesia.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024