Minahasa Tenggara (ANTARA) - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara mengharapkan peran dari Taruna Siaga Bencana (Tagana), dapat dimaksimalkan dalam menghadapi bencana di daerah.

"Peran Tagana sangat vital ketika terjadi bencana. Makanya kami dari dinas meminta agar perannya dimaksimalkan, apalagi Minahasa Tenggara merupakan daerah rawan bencana," kata Kepala Dinas Sosial Minahasa Tenggara Nancy Ledombela di Ratahan, Senin.

Ia mengatakan, pihaknya akan terus memberikan bimbingan untuk mempersiapkan para relawan sosial ini, melakukan fungsinya dalam memberikan rasa aman bagi korban bencana alam di lokasi bencana.

“Dengan bimbingan yang diberikan, diharapkan personil Tagana siap menghadapi berbagai bencana," katanya.

Nancy menjelaskan, peran dari Tagana harus cepat memberikan respon saat ada kejadian bencana di lingkungan sekitar.

“Tagana juga harus bekerja dengan cepat, teliti dan responsif. Sehingga penanganan pasca bencana bisa ditangani dengan baik," jelasnya.

Dia memastikan, Pemkab Minahasa Tenggara akan memberikan perhatian kepada Tagana untuk menunjang setiap tugas penanganan bencana di lapangan.

"Pemkab akan terus memberi perhatian terhadap Tagana karena sudah menjadi kebutuhan yang diperlukan pada saat terjadinya bencana," tandasnya.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024