Manado (ANTARA Sulut) - Wali Kota Manado Vicky Lumentut, mengatakan  hari kebangkitan nasional adalah saatnya untuk menanamkan etos perjuangan bagi generasi berikutnya, yaitu perjuangan bangsa Indonesia ke depan menjadi negara maju, modern, adil dan sejahtera. 

"Melalui peringatan Harkitnas ini, mari kita kenang kembali semangat perjuangan the founding fathers," kata Vicky dalam upacara Harkitnas, Senin. 

Ia mengatakan  para pejuang telah berhasil membangun kebersamaan dan persatuan antara elemen bangsa melalui dialog yang konstruktif bagi pemecahan persoalan bangsa yang dihadapi kala itu. 

Dan telah menorehkan tinta emas sejarah pada kebangkitan nasional 20 Mei 1908, yang kemudian berlanjut dengan penggalangan sumpah pemuda dan akhirnya berbuah manis pada hari proklamasi 17 Agustus 1945. 

"Nilai-nilai Harkitnas masih relevan sepanjang masa untuk membangun dan memelihara kebersamaan dan persatuan, momentum  ini harus mampu melecut kembali nilai kebersamaan sebagai bangsa dalam menghadapi globalisasi dengan menggelorakan rasa bangga dan cinta tanah air," ujarnya. 

Ia berpesan kepada generasi muda agar menjadi pejuang dan petarung yang tangguh bagi kejayaan bangsa, dan  setiap elemen meletakkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan kelompok dan pribadi. 

"Semoga nilai-nilai Harkitnas mampu kita rakit menjadi perahu kokoh untuk mendekatkan bangsa Indonesia menjadi lebih maju dan lebih modern dalam bingkai NKRI," harap Wali kota visioner ini. 

Pewarta : Oleh: Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024