Manado (ANTARA) - Kepala Divisi Pemasyarakatan Kementerian  Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Utara Kusnali, mengatakan inspeksi mendadak atau sidak di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Manado dalam rangka deteksi dini  antisipasi gangguan keamanan.
"Sidak ini dalam rangka melakukan deteksi dini mencegah gangguan keamanan dan ketertiban," kata Kusnali, di Manado, Senin.
Sebelumnya pada Minggu (10/4) malam, Kadiv Kusnali melakukan sidak di Rutan Kelas IIA Manado,  dalam rangka monitoring situasi Rutan dan melaksanakan deteksi dini.
Pada sidak itu, Kadiv langsung melihat dan memantau situasi serta kondisi Rutan pada situasi malam hari.
Selain itu juga, Kadivpas melakukan kunjungan ke beberapa kamar hunian warga binaan pemasyarakatan (WBP) dan melakukan dialog bersama WBP dan petugas jaga blok.
Didampingi Kepala Rutan Manado Yusep Anthonius, Kadiv Kusnali juga berkesempatan melihat lokasi dan titik-titik rawan pada area Rutan Manado seperti pagar dalam dan blok hunian WBP.
Pada kesempatan tersebut Kusnali menginstruksikan agar seluruh petugas penjagaan selalu melakukan kontrol keliling (trolling) guna mengantisipasi gangguan kamtib.
Dia juga mengingatkan tak lupa agar titik-titik rawan dilakukan pengawasan khusus agar hal yang tidak diinginkan dapat dihindari.

 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024