Manado (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara saat ini melakukan penguatan data profil desa sebagai dasar perencanaan pembangunan desa berkelanjutan, kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Jemmy S. Kumendong.

Jemmy S. Kumendong di Manado, Kamis, berharap pemenuhan data akurat yang mencakup data dasar desa, potensi desa dan tingkat perkembangan desa dapat disediakan.

Keakuratan data dapat menjadi rujukan yang valid dalam penyusunan dokumen perencanaan pembangunan jangka menengah desa yang merupakan dokumen penting dalam menentukan arah kebijakan pembangunan.

"Data ini penting karena dengan data yang akurat, ke depannya akan digunakan untuk penyusunan perencanaan secara berjenjang dan berkelanjutan," jelasnya.

Dinas PMD, sebut dia, menaruh perhatian serius dan turun langsung membantu meningkatkan kapasitas aparat desa dalam upaya meningkatkan capaian ketersediaan data profil desa yang lebih akurat dan bermanfaat.

Kumendong membuka bimbingan teknis pendayagunaan data profil desa dan kelurahan (Prodeskel) di Tutuyan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

"Bimtek aplikasi Prodeskel merupakan kegiatan strategis dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kompetensi aparat desa dalam menyusun profil, membuka wawasan dan membangun kesepahaman dalam menyelenggarakan pembangunan di desa dan kelurahan," katanya.
 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024