Manado (ANTARA) -  Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sulawesi Utara (Sulut),  Selasa, menggelar vaksinasi, COVID-19, dosis kedua, bagi pelajar dan masyarakat umum,  di SMA Negeri satu Manado, juga bakti sosial di Manado. 

"Hari ini kami menggelar vaksinasi untuk pelajar dan masyarakat umum secara door to door,  untuk dosis yang kedua, dalam rangka menyambut kegiatan belajar dalam pertemuan tatap muka,"  kata Kepala Binda Sulut,  Laksma TNI Adriansyah, SE, di Manado, Selasa. 

Dia mengatakan, untuk  dosis kedua ini, masih tetap menggunakan vaksin biofarma zinofack dan astrazeneca, karena diperuntukan  bagi pelajar anak usia 12-17 tahun dan masyarakat umum.  Vaksinasi yang digelar Binda Sulut di SMA satu Manado. (1)
Mengenai lokasi, Adriansyah mengatakan, kelurahan masih di Kairagi Satu dan itu dilakukan door to door,  sedangkan untuk lembaga pendidikan yang tadinya sempat di kampus sekarang semuanya dialihkan ke SMA dan MAN Model, karena saat pelaksanaan lalu banyak siswa Madrasah Aliyah yang divaksin di kampus. 

Mengenai target, kata Adriansyah, masih diharapkan sama dengan dosis satu, yakni 3.070 orang,, yang mendapatkan vaksin dosis pertama, sehingga bisa mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok, karena vaksinya lengkap. 

Dia menambahkan dalam pelaksanaan vaksinasi massal dosis ke dua dilakukan juga penyaluran bantuan sosial paket bapok beras 10 kg bagi pelajar, santri dan masyarakat di beberapa titik yaitu SMA Negeri 1 Manado, SMK Negeri 2 Manado, MAN Model 1 Manado dan sejumlah tempat di Kota Manado.  Vaksinasi yang digelar Binda Sulut di SMA satu Manado. (1)
Secara katanya, pihaknya menyasar  5.500 orang terdiri atas 3.500 pelajar dan 2.000 orang masyarakat ekonomi lemah yang dilaksanakan secara door to door di kota Manado dengan mengedepankan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

Sementara  Kabag Ops Binda Sulut, Kol. inf. Andi Anshar menyampaikan,  dalam mendorong percepatan vaksinasi Covid-19 Binda Sulut bekerja sama dengan Dinkes Prov. Sulut, Dinkes Kota Manado dan Lantamal VIII Manado, sedangkan penyaluran bantuan sosial paket bapok Binda Sulut bekerja sama dengan Kodam XIII/Mdk.  Kabinda Serahkan bantuan kepada siswa dalam Vaksinasi yang digelar Binda Sulut di SMA satu Manado. (1)
Hadir dalam vaksinasi massal pelajar dan serbuan vaksinasi door to door dosis ke dua tersebut diantaranya Kabinda Sulut, Laksma TNI Adriansyah, SE., Kabag Ops Binda Sulut, Kol. inf. Andi Anshar, Pabandya Bakti TNI Sterdam XIII/Mdk, Mayor TNI, Jenris Yulmal Vinas, dan sejumlah pejabat daerah. ***

Pewarta : Joyce Hestyawatie B

Copyright © ANTARA 2024