Manado,  (Antara Sulut) - Bagi-bagi setangkai bunga mawar mewarnai kegiatan kampanye melawan kekerasan terhadap perempuan dan anak yang dipusatkan di Jalan Piere Tendean Manado, depan pusat perbelanjaaan Mantos, Selasa.

Pemberian bunga sebagai wujud kasih itu dibagikan kepada masyarakat yang melewati ruas jalan itu dilakukan antara lain, oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Djouhary Kansil, Ketua DPRD Sulut Meiva Salindeho, Kabid Humas Polda Sulut AKBP Denny Adare dan para siswa.

Sebelum pelaksanaan bagi-bagi bunga dilakukan pembacaan dan penandatanganan pernyataan sikap melawan kekerasan terhadap perempuan dan anak serta pelepasan burung merpati yang dilakukan berbagai elemen masyarakat di daerah itu.

Ketua DPRD Sulut, Meiva Salindeho saat membacakan pernyataan sikap mengatakan, meminta kepada aparat hukum untuk mengusut tuntas kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di Sulut.

Mendorong pemerintah dan pihak terkait agar undang-undang perlindungan perempuan dan anak dijalankan dengan maksimal.

"Mengupayakan agar sistem pendidikan yang ada dapat memungkinkan semua anak-anak bangsa mendapatkan pendidikan yang layak." kata Salindeho.

Wakil Gubernur Sulut, Djouhary Kansil, mengatakan menyikapi berbagai tindakan kekerasan terhadap perempuan dan anak, mengajak seluruh komponen masyarakat di daerah itu untuk sehati dan sejalan dalam memberantas permasalahan tersebut.

"Karena itu menjadi momentum bagi kita untuk memantapkan tekad dan komitmen menyatakan anti dan perang terhadap berbagai tindak kejahatan khususnya terhadap perempuan dan anak," kata Kansil.

Sementara itu Sekretaris Panitia, Christin mengatakan kegiatan itu dilatarbelakangi dengan meningakatnya angka tindakan kekerasan terhadap perempuan dan anak selang tahun 2004 hingga 2011 yang cukup signifikan.

"Kegiatan ini juga mengajak masyarakat untuk memahami betapa pentingnya keberadaan perempuan dan anak," katanya.

Kampanye melawan kekerasan terhadap perempuan dan anak tersebut diselenggarakan Sulut Women Community (SWC) bekerjasama dengan Badan Pemberdayaaan Perempuan Sulut tersebut, mendapat perhatian masyarakat yang mengunjungi pusat perbelanjaan Manado Town Square.
(Guntur/@antara_manado)

Pewarta :
Editor : Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024